-->

Pengantar Penilaian Dalam Pembelajaran

Pengantar Penilaian Dalam Pembelajaran


Ngelmu. Penilaian atau asesmen ialah bab yang sangat penting dalam proses evaluasi. Asesmen merupakan kegiatan pengumpulan gosip hasil mencar ilmu siswa yang diperoleh dari banyak sekali jenis tagihan dan mengelola gosip tersebut untuk menilai hasil mencar ilmu dan perkembangan belajar  siswa. Berbagai jenis tagihan yang digunakan dalam asesmen antara lain: kuis, ulangan harian, peran individu, peran kelompok, ulangan final semester, laporan kerja. Asesmen atau penilaian diartikan sebagai prosedur yang digunakan untuk menerima gosip mengenai taraf pengetahuan dan keterampilan penerima didik yang risikonya digunakan untuk keperluan evaluasi. Untuk menerima gosip yang berupa data kuantitatif dilakukan melalui pengukuran melalui tes dan non-tes.

Penilaian hasil mencar ilmu penerima didik yang dilakukan oleh guru selain untuk memantau proses kemajuan dan perkembangan hasil mencar ilmu penerima didik sesuai dengan potensi yang dimiliki, juga sekaligus umpan balik kepada guru gara dapat menyempurnakan perencanaan dan proses aktivitas pembelajaran. Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Menurut Mardapi, (2004: 137) penilaian dan pembelajaran ialah dua kegiatan yang saling mendukung, upaya peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan melalui upaya perbaikan sistem penilaian.

Menurut Basuki dan Hariyanto (2014:158), Asesmen berdasarkan fungsinya memiliki tiga tujuan, yaitu asesmen untuk pembelajaran, asesmen sebagai pembelajaran, dan asesmen pembelajaran.
Asesmen untuk pembelajaran (Assessment for Learning) United Kingdom Assessment Reform Group (1999) mengidentifikasi 5 prinsip dari assesmen untuk pembelajaran meliputi:

  1. Menyediakan umpan balik bagi para siswa
  2. Keterlibatan aktif para siswa dalam pembelajaran
  3. Pengaturan pengajaran  terkait tanggungjawab terhadap hasil asesmen
  4. Pengenalan pengaruh asesmen yang besar lengan berkuasa terhadap motivasi dan harga diri siswa.
  5. Terpenuhinya kebutuhan para siswa untuk bisa menilai diri mereka sendiri dan memahami bagaimana cara memperbaikinya. 

Asesmen sebagai pembelajaran (Assessment as Learning), memiliki identifikasi sebagai berikut:

  1. Dimulai ketika siswa menyadari tujuan pembelajaran dan kriteria kinerja yang harus dicapainya
  2. Termasuk perumusan tujuan pembelajaran, memantau kemajuan, dan refleksi terhadap hasil  pembelajaran
  3. Berimplikasi kepada kepemilikan hasil mencar ilmu oleh penerima didik, dan tanggung jawab penerima didik untuk menggerakkan pemikiran menuju kedepan (metakognisi).
  4. Berlangsung diseluruh proses pembelajaran.

Asesmen pembelajaran (Assessment of Learning) memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Asesmen yang dilengkapi dengan angka mutu atau abjad mutu (sumatif)
  2. Membandingkan prestasi penerima didik dengan standar
  3. Hasilnya dapat dikomunikasikan dengan para siswa dan orang tua
  4. Terjadi pada final satuan pembelajaran

Berdasarkan perihal pengertian perihal penggunaan asesmen dalam pembelajaran, penilaian memiliki beberapa tujuan dan fungsi yang digunakan untuk melaksanakan pengukuran hasil belajar. Penggunaan penilaian dalam pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk mengetahui ketercapaian penerima didik dan mengetahui hasil sejauh mana pengetahuan yang dimiliki oleh penerima didik. Berdasarkan uraian tujuan pelaksanaan penilaian, ada beberapa tujuan yang dapat dilakukan untuk menggunakan sebuah penilaian tetapi dari banyak sekali tujuan yang dilakukan tidak semua memiliki nilai keefektifan yang sama. Sehingga berdasarkan tujuan pelaksanaan penilaian ada beberapa macam yang dapat digunakan dalam lingkup pendidikan diantaranya penilaian diagnostik, penilaian  penempatan (placement test), penilaian prasyarat (prerekuisit), penilaian formatif, penilaian sumatif, penilaian konfirmatori.

Makalah: Rabiatul Adawiyah dan Siti Yulaikah (Pendidikan Biologi PPs UNY)

Penilaian

Sumber bacaan:
Basuki, Ismet & Hariyanto. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika

Sumber http://www.eurekapendidikan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengantar Penilaian Dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel