-->

6 Macam Satuan Kecepatan

Kecepatan yaitu laju perubahan posisi suatu benda. Kecepatan mengatakan berapa jarak yang bisa ditempuh dalam satuan waktu. Kecepatan merupakan konsep mendasar dalam kinematika gerak. Ada juga satuan laju perubahan kecepatan yang disebut percepatan. Rumus kecepatan yaitu jarak yang ditempuh dibagi waktu yang diharapkan untuk menempuh jarak tersebut. Terdapat beberapa macam satuan kecepatan, diantaranya:

Kecepatan yaitu laju perubahan posisi suatu benda 6 Macam Satuan Kecepatan

  1. Meter per detik dengan satuan m/s (meter/sekon) atau m/detik. Satuan ini memakai satuan jarak dalam Sistem Internasional (SI).
  2. Kilometer per jam dengan satuan km/h (kilometer per hour) atau km/jam. Satuan ini terkenal dipakai sebagai satuan kecepatan pada kendaraan bermotor.
  3. Mil per jam dengan satuan mph (mile per hour). Satuan ini dipakai sebagai satuan kecepatan pada kendaraan bermotor di Amerika Serikat.
  4. Mach yaitu satuan kecepatan yang didasarkan pada kecepatan suara. Mach 1 berarti sama dengan kecepatan bunyi (1.238 km/jam). Satuan ini kerap dipakai untuk menghitung kecepatan pesawat jet.
  5. Knot yaitu satuan kecepatan yang juga disebut sebagai mil maritim per jam. Satuan ini sering dipakai dalam mengukur kecepatan angin.
  6. Rad/s atau radian per detik yaitu satuan kecepatan yang mengukur kecepatan sudut putaran dalam SI. Selain memakai detik, sanggup pula dipakai satuan menit sehingga menjadi RPM (radian per menit) yang sering dipakai dalam mengukur putaran mesin kendaraan bermotor.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Macam Satuan Kecepatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel