-->

Anatomi Jantung Insan (Artikel Lengkap)

Jantung ialah organ berotot khusus seukuran kepalan tangan yang memompa darah melalui pembuluh darah dari sistem sirkulasi. Darah mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, serta membantu membuang limbah metabolisme. Darah terdeoksigenasi dari seluruh badan dipompa ke paru-paru untuk membuang karbon dioksida dan uap air serta mendapatkan oksigen yang kemudian kembali ke jantung untuk dipompa kembali ke seluruh tubuh. Jantung terletak di antara paru-paru, di tengah dada.

Jantung ialah organ berotot khusus seukuran kepalan tangan yang memompa darah melalui pem Anatomi Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

1. Bagian-Bagian Jantung Manusia

Jantung ialah organ berotot khusus seukuran kepalan tangan yang memompa darah melalui pem Anatomi Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

Gambar di atas ialah bagian-bagian jantung manusia. Berikut ialah klarifikasi keterangan masing-masing bab beserta fungsinya:

  1. Aorta ialah arteri utama dalam badan insan yang berasal dari bilik (ventrikel) kiri jantung dan memanjang ke abdomen (perut). Fungsi aorta ialah mendistribusikan darah beroksigen ke seluruh badan melalui sirkulasi sistemik.
  2. Arteri pulmonalis ialah arteri pada sirkulasi pulmonal yang membawa darah terdeoksigenasi dari bilik kanan jantung ke paru-paru. Fungsi arteri pulmonalis ialah untuk membawah darah kaya karbon dioksida ke paru-paru untuk keluarkan dan mendapatkan oksigen.
  3. Serambi kiri atau atrium kiri ialah salah satu dari empat ruang jantung yang berada di sisi kiri atas. Fungsi utama serambi kiri ialah mendapatkan darah dari paru-paru yang kaya oksigen.
  4. Katup mitral ialah katup dengan dua lipatan yang berada di antara serambi kiri dan bilik kiri. Fungsi katup mitral ialah memisahkan serambi kiri dan bilik kiri serta mencegah anutan balik ke serambi kiri.
  5. Katup aorta ialah katup yang berada di antara bilik kiri dan aorta. Penutupan katup ini menghasilkan bunyi jantung kedua (S2). Fungsi katup aorta ialah untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah.
  6. Bilik kiri atau ventrikel kiri ialah salah satu dari empat ruang jantung yang terletak di bab kiri bawah jantung. Fungsi serambi kiri ialah memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga ventrikel kiri menjadi ruang jantung yang paling tebal.
  7. Arteri Koroner ialah arteri dari sirkulasi koroner yang mengangkut darah ke dalam dan keluar otot jantung. Fungsi arteri koroner ialah memasok oksigen dan nutrisi ke otot jantung serta membuang limbah metabolismenya.
  8. Otot papiler ialah otot yang berfungsi melindungi katup mitral dan katup trikuspid dikala bekerja.
  9. Bilik kanan atau ventrikel kanan ialah ruang jantung yang berfungsi memompa darah kaya karbon dioksida ke paru-paru
  10. Pembuluh darah balik kava bawah atau vena kava bawah (vena kava inferior) ialah vena besar yang berfungsi membawa darah terdeoksigenasi dari badan bab bawah dan tengah ke serambi kanan.
  11. Serambi kanan atau atrium kanan ialah ruang jantung yang berfungsi mendapatkan darah dari seluruh badan yang membawa banyak karbon dioksida dan sangat sedikit oksigen untuk dipompa ke paru-paru.
  12. Katup trikuspid ialah katup yang berada di antara serambi kanan dan bilik kanan. Fungsi katup trikuspid ialah untuk mencegah anutan balik darah dari bilik kanan ke serambi kanan.
  13. Katup pulmoner ialah katup yang terletak di antara bilik kanan dan arteri pulmonalis dan mempunyai tiga katup. Fungsi katup pulmoner ialah mencegah supaya darah yang sudah mengalir tidak kembali ke jantung.
  14. Pembuluh darah balik kava atas dan vena kava atas (vena kava superior) ialah vena besar di bab atas jantung yang berfungsi membawah darah terdeoksigenasi dari badan bab atas diafragma ke serambi kanan.

2. Lokasi dan Bentuk Jantung Manusia

Jantung insan terletak di mediastinum tengah, pada tingkat vertebra T5-T8. Kantung membran ganda yang disebut perikardium mengelilingi jantung dan menempel dengan mediastinum. Permukaan belakang jantung terletak di bersahabat kolom vertebral, dan permukaan depan terletak di belakang tulang rawan sternum dan tulang rusuk. Bagian atas jantung menjadi daerah menempelnya beberapa pembuluh darah besar menyerupai vena cava, aorta, dan batang paru-paru. Bagian atas jantung terletak di tingkat kartilago kosta ketiga. Ujung bawah jantung terletak di kiri sternum antara persimpangan rusuk keempat dan kelima.

Jantung ialah organ berotot khusus seukuran kepalan tangan yang memompa darah melalui pem Anatomi Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

Bagian terbesar dari jantung biasanya sedikit ke sisi kiri dada (meskipun kadang kala mungkin ke kanan) alasannya ialah jantung kiri lebih besar lengan berkuasa dan besar mengingat ia harus memompa darah ke seluruh tubuh. Karena jantung berada di antara paru-paru, paru-paru kiri lebih kecil dari paru-paru kanan alasannya ialah mempunyai lekukan untuk mengakomodasi jantung. Jantung berbentuk kerucut. Jantung remaja mempunyai massa 250-350 gram. Jantung biasanya berukuran kepalan tangan dengan panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan ketebalan 6 cm. Atlet yang berlatih dengan baik sanggup mempunyai jantung yang jauh lebih besar alasannya ialah pengaruh olahraga pada otot jantung, menyerupai dengan otot pada lengan.

3. Ruang pada Jantung Manusia

Jantung mempunyai empat ruang/kamar yakni dua serambi/atrium di atasnya (ruang penerima) dan dua bilik (ventrikel) bawah (ruang pengosongan). Darah dari serambi menuju ke bilik melalui katup atrioventrikular. Ada struktur berbentuk pendengaran di serambi kanan yang disebut aurikel. Serambi kanan dan bilik kanan terkadang disebut jantung kanan, demikian pula jantung kiri. Bilik dipisahkan satu sama lain oleh septum interventrikular. Sedangkan serambi dipisahkan oleh septum interatrial. Septum interventrikular jauh lebih tebal alasannya ialah bilik menghasilkan tekanan yang lebih besar ketika berkontraksi.

3.1 Katup Jantung

Jantung mempunyai empat katup yang memisahkan tiap ruang. Katup antara serambi dan bilik disebut katup atrioventrikular. Antara serambi kanan dan bilik kanan ada katup trikuspid yang mempunyai tiga cusp yang terhubung dengan tendon dan tiga otot papiler. Katup mitral terletak di antara serambi kiri dan bilik kiri yang juga disebut katup bikuspid alasannya ialah mempunyai dua cusp.

Terdapat otot papiler yang mencegah katup jatuh terlalu jauh ke belakang dikala menutup. Selama fase relaksasi jantung, otot papiler juga relaksasi dan ketegangan pada tendon sedikit. Ketika ruang jantung berkontraksi, otot papiler pun demikian. Hal ini membuat ketegangan pada tendon yang membantu memegang katup atrioventrikular dan mencegahnya kembali ke serambi. Terdapat dua katup semilunar di pintu keluar masing-masing bilik. Katup pulmonal terletak di dasar arteri pulmonalis.

3.2 Jantung Kanan

Jantung kanan terdiri dari dua ruang yaitu serambi kanan dan bilik kanan yang dipisahkan oleh katup trikuspid.

Serambi kanan mendapatkan darah dari dua vena utama badan yaitu vena cava superior dan inferior. Sejumlah kecil darah dari sirkulasi koroner juga mengalir ke serambi kanan melalui sinus koroner di bab atas bukaan vena cava inferior. Pada dinding serambi kanan terdapat depresi berbentuk oval yang dikenal sebagai fossa ovalis, yang merupakan sisa dari pembukaan jantung janin yang dikenal sebagai foramen ovale. Sebagian besar permukaan dalam serambi kanan halus. Pada permukaan luarnya terdapat tonjolan otot pektin yang menonjol.

Serambi kanan terhubung dengan bilik kanan oleh katup trikuspid. Dinding bilik kanan dilapisi dengan trabeculae carneae, tonjolan otot jantung yang ditutupi endokardium. Selain otot tersebut, sekelompok otot jantung yang juga ditutupi endokardium (dikenal sebagai pita moderator) memperkuat dinding tipis bilik kanan dan memainkan tugas penting dalam konduksi jantung. Bilik kanan mengecil akhir kontraksi yang menjadikan darah keluar menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Saat di paru-paru, arteri pulmonalis bercabang ke arteri pulmonalis kiri dan kanan untuk mengedarkan darah ke masing-masing paru-paru.

3.3 Jantung Kiri

Jantung kiri mempunyai dua ruang yaitu serambi kiri dan bilik kiri yang dipisahkan oleh katup mitral.

Serambi kiri mendapatkan darah yang mengandung oksigen dari paru-paru melalui vena pulmonalis. Serambi kiri dikelilingi oleh otot pektin. Bilik kiri lebih tebal dibandingkan bilik kanan, alasannya ialah ia butuh kekuatan yang lebih besar untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Seperti bilik kanan, bilik kiri juga mempunyai trabeculae carneae, tetapi tidak ada pita moderator. Bilik kiri memompa darah ke seluruh badan melalui katup aorta dan aorta. Dua lubang kecil di atas katup aorta membawah darah ke jantung itu sendiri. Masing-masing ialah arteri koroner kiri dan arteri koroner kanan.

4. Kerangka Jantung

Kerangka jantung terbuat dari jaringan ikat padat yang memperlihatkan struktur ke jantung. Jaringan ini membentuk septum atrioventrikular yang memisahkan serambi dan bilik serta cincin berserat yang berfungsi sebagai basis empat katup jantung. Kerangka jantung juga memperlihatkan batas penting dalam sistem konduksi listrik jantung alasannya ialah kolagen tidak sanggup menghantarkan listrik.

5. Perikardium

Perikardium ialah sebuah kantung yang mengelilingi jantung. Permukaan luar yang keras dari perikardium disebut membran fibrosa. Terdapat membran dalam ganda yang disebut membran serosa yang menghasilkan cairan perikardial untuk melumasi permukaan jantung. Bagian dari membran serosa yang menempel pada membran fibrosa disebut perikardium parietal, sedangkan bab membran serosa yang menempel pada jantung disebut perikadium viseral. Perikardium berfungsi untuk melumasi gerakan jantung di dalam dada, menjaga posisi jantung semoga tetap stabil, dan untuk melindungi jantung dari infeksi.

6. Struktur Dinding Jantung

Jantung ialah organ berotot khusus seukuran kepalan tangan yang memompa darah melalui pem Anatomi Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu epikardium, miokardium, dan endokardium.

  1. Epikardium, ialah lapisan terluar dinding jantung yang juga merupakan nama lain dari lapisan visceral dan perikardium. Dengan demikian, epikardium ialah lapisan tipis membran serosa yang membantu melumasi dan melindungi bab luar jantung.
  2. Miokardium, ialah lapisan tengah dinding jantung yang mengandung jaringan otot jantung. Miokardium membentuk sebagian besar ketebalan dan massa dinding jantung dan merupakan bab dari jantung yang bertanggung jawab untuk memompa darah.
  3. Endokardium, ialah lapisan endotelium skuamosa sederhana yang melapisi bab dalam jantung. Endokardium sangat halus dan berfungsi untuk menjaga semoga darah tidak menempel ke bab dalam jantung dan membentuk gumpalan darah yang mematikan.

Ketebalan dinding jantung bervariasi di aneka macam bab jantung. Serambi jantung mempunyai miokardium yang sangat tipis alasannya ialah tidak perlu memompa darah terlalu jauh melainkan hanya ke bilik terdekat. Sedangkan bilik mempunyai miokardium yang sangat tebal untuk memompa darah ke paru-paru atau ke seluruh tubuh. Sisi kanan jantung mempunyai lebih sedikit miokardium pada dindingnya daripada sisi kiri alasannya ialah sisi kiri harus memompa darah ke seluruh badan sementara sisi kanan hanya memompa ke paru-paru.

7. Katup Jantung

Jantung ialah organ berotot khusus seukuran kepalan tangan yang memompa darah melalui pem Anatomi Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

Ketika katup jantung dikala serambi dan pembuluh darah utama dihilangkan, keempat katup jantung terlihat jelas.

Jantung bekerja dengan memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh. Untuk mencegah darah mengalir ke belakang atau “memuntahkan” kembali ke jantung, terdapat sistem katup satu arah di jantung. Katup jantung sanggup dibagi menjadi dua jenis yaitu katup atrioventrikuler dan semilunar.

  1. Katup atrioventrikuler, ialah katup yang terletak di tengah jantung antara serambi dan bilik dan hanya memungkinkan darah mengalir dari serambi ke bilik. Katup atrioventrikuler di sisi kanan jantung disebut katup trikuspid alasannya ialah terbuat dari tiga cusp (katup) yang terpisah dan memungkinkan darah lewat dan mencegah terjadi regurgitasi darah. Katup atrioventrikuler di sisi kiri jantung disebut katup mitral atau katup bikuspid alasannya ialah mempunyai dua katup. Katup atrioventrikuler terpasang pada sisi bilik dengan tali yang keras yang disebut chordae tendineae. Chordae tendineae menarik katup atrioventrikuler untuk memungkinkan darah melewatinya. Selama kontraksi bilik, katup atrioventrikuler tampak menyerupai parasut berkubah dengan chordae tendineae bertindak sebagai tali yang memegang parasut dengan kencang.
  2. Katup semilunar, ialah katup berbentuk menyerupai bulan sabit yang terletak di antara bilik dan arteri yang membawa darah keluar dari jantung. Katup semilunar di sisi kanan jantung ialah katup pulmonal yang mencegah anutan balik darah dari paru-paru ke bilik kanan. Sedangkan katup semilunar di sisi kiri jantung ialah katup aorta yang mencegah aorta memuntahkan darah kembali ke bilik kiri. Katup semilunar lebih kecil dari katup atrioventrikuler dan tidak mempunyai chordae tendinae untuk menahan katup pada tempatnya. Sehingga katup semilunar berbentuk cangkir untuk mengeluarkan darah dan memakai tekanan darah untuk menutupnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Anatomi Jantung Insan (Artikel Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel