-->

8 Organ Badan Bab Dalam Perut Manusia


Perut atau abdomen yaitu bab badan insan antara dada (toraks) dan panggul. Wilayah yang ditempati oleh perut disebut rongga perut. Perut berisi sebagian besar organ tubular dari akses pencernaan, serta beberapa organ lain. Bagian dalam rongga perut dikelilingi oleh membran yang disebut peritoneum yang juga sanggup menutupi sisi organ tertentu yang menghadap dinding perut. Berikut yaitu organ-organ badan bab dalam perut manusia:
Baca juga: 8 Organ Tubuh Manusia Beserta Fungsinya
Fungsi lambung
vital bagi sistem pencernaan yakni terlibat dalam fase pencernaan sehabis fase mengunyah. Lambung mensekresi enzim pencernaan dan asam klorida untuk mendukung pencernaan makanan. Sfingter pilorus mengendalikan perjalanan sebagian kuliner yang sudah dicerna (disebut kimus) dari lambung ke duodenum.



2. Usus Halus

Usus halus yaitu bab akses pencernaan antara lambung dan usus besar. Disinilah terjadi sebagian besar penyerapan (absorpsi) sari-sari kuliner terjadi. Usus halus terbagi menjadi tiga bab yaitu duodenum (usus dua belas jari), jejunum, dan ileum. Usus dua belas jari yaitu bab paling pendek dalam usus halus dan merupakan daerah persiapan peresapan dimulai. Usus dua belas jari juga mendapatkan empedu dan getah pankreas, yang dikendalikan oleh sfingter oddi. Fungsi utama dari usus halus yaitu penyerapan nutrisi dan mineral dari kuliner dengan tonjolan kecil yang disebut villi. Villi terdapat di jejunum dan ileum.

3. Usus Besar

Usus besar yaitu bab terakhir dari akses pencernaan. Usus besar menyerap air dan membuang limbah pencernaan dalam bentuk kotoran (feses). Usus besar juga berperan dalam pembusukan kuliner dengan sumbangan basil E.coli. Rata-rata insan mempunyai usus besar dengan panjang 1,5 meter.

4. Hati (Liver)

Hati yaitu organ yang mendetoksifikasi banyak sekali metabolit, mensintesis protein, dan menghasilkan biokimia yang diharapkan untuk pencernaan. Pada manusia, hati terletak di kanan atas perut, di bawah diafragma. Fungsi lain hati yaitu untuk mengatur penyimpanan glikogen, perombakan sel darah merah, dan produksi hormon.

5. Kantung Empedu

Kantong empedu yaitu organ berongga berukuran kecil daerah empedu disimpan sebelum dilepaskan ke usus halus. Bentuk kantong empedu menyerupai buah pir dan terletak di bawah hati. Empedu berasal dari hati yang merupakan hasil perombakan sel darah merah. Empedu dipakai untuk membantu pencernaan lemak.

6. Pankreas

Pankreas yaitu organ kelenjar dalam sistem pencernaan dan sistem endokrin yang terletak di belakang perut. Pankreas merupakan kelenjar endokrin yang menghasilkan beberapa hormon penting menyerupai insulin, glukagon, somatostatin, dan polipeptida. Semua hormon tersebut diedarkan melalui darah. Pankreas juga merupakan organ pencernaan yang mengeluarkan getah pankreas yang mengandung bikarbonat dan enzim-enzim pencernaan.

7. Ginjal

Ginjal yaitu sepasang organ berbentuk menyerupai kacang yang ditemukan di bab belakang rongga perut di ruang retroperitoneal. Ginjal mendapatkan darah dari arteri ginjal dan keluar melalui vena ginjal. Setiap ginjal menempel pada ureter yang merupakan akses pembawa urine yang dihasilkan ginjal ke kandung kemih. Fungsi ginjal yaitu untuk menyaring darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

8. Limpa

Limpa yaitu organ berwarna ungu yang terletak di bawah kiri diafragma (atau kuadran kiri atas perut) dan mempunyai permukaan cembung. Limpa berperan penting untuk menghilangkan sel-sel darah merah yang sudah tua, sebagai sistem kekebalan tubuh, dan menyimpan cadangan darah. Limpa mensintesis antibodi yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Organ Badan Bab Dalam Perut Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel