-->

10 Permulaan Dalam Perjalanan Luar Angkasa

Dalam artikel ini disajikan 10 tragedi yang mempelopori upaya insan untuk menjelajahi luar angkasa.

14 Juni 1949 - Primata Pertama di Luar Angkasa

Seekor kera rhesus yang dinamai Albert II mencapai ketinggian 134 km dengan mengendarai roket V2 yang diluncurkan Amerika. Sayangnya ia tewas ketika mendarat tanggapan kegagalan parasut.

3 November 1957 - Hewan Pertama yang Mengorbit Bumi

Laika seekor anjing dari Rusia menjadi binatang pertama yang mengorbit Bumi. Ia berhasil mengorbit Bumi sebanyak empat kali di atas Sputnik 2. Sayangnya ia tewas tidak usang sehabis itu tanggapan kepanasan.

12 April 1961 - Manusia Pertama yang Mengorbit Bumi

Yuri Gagarin
Author: NASA
Lisensi: Public Domain

Astronot (dalam bahasa Rusia disebut cosmonaut) Rusia Yuri Gagarin mengitari bumi dalam perjalanan luar angkasa selama 108 menit dengan mengendarai Vostok I. Sebagai insan pertama di luar angkasa, ia menuturkan pengalaman yang dirasakannya tanpa gravitasi. Menurutnya, rasanya ibarat terikat pada sebuah tali dengan posisi horisontal. Begitu mendarat kembali di Bumi ia segera menjadi seorang selebriti, dan berkeliling dunia untuk menuturkan pengalaman selama perjalanannya. Perjalanan ini merupakan perjalanannya satu-satunya ke luar angkasa sebelum meninggal pada tahun 1968 dalam sebuah kecelakaan pesawat. Abu tubuhnya disimpan dalam dinding di Kremlin Moscow.

5 Mei 1961 - Pesawat Antariksa Pertama yang Dikemudikan Manusia

Alan Shepard mencapai ketinggian 187 km dengan memakai pesawat Freedom 7 pada 5 Mei 1961. Berbeda dengan pesawat Gagarin yang dikendalikan secara otomatis, Shepard  mengendalikan pesawatnya secara manual.

6 Agustus 1961 - Orang Pertama yang Mengorbit Bumi Seharian

Gherman Titov ialah orang pertama yang menghabiskan sehari penuh untuk mengorbit Bumi. Ia melakukannya dengan mengendarai Vostok 2 pada 6 Agustus 1961. Ia mengorbit bumi sebanyak 17 kali dan juga merupakan orang pertama yang tidur di luar angkasa.

16 Juni 1963 - Wanita Pertama yang Mengorbit Bumi 

Valentina Nikolayeva-Tereshkova,
seorang pilot astronot dan
pahlawan bagi Uni Sovyet ketika bermain ski

Author: V. Malyshev
Lisensi: Creative Commons
Attribution-Share Alike 3.0 Unported

Valentina Tereshkova seorang Astronot Rusia menjadi perempuan pertama yang mengorbit Bumi. Ia  mengorbit bumi sebanyak 48 kali dalam hampir tiga hari perjalanan non stop dengan mengendarai Vostok 6.

18 Maret 1965 - Manusia yang Pertama Kali Berjalan di Luar Angkasa

Alexey Leonov seorang astronot Rusia ialah orang pertama yang melaksanakan aktifitas tanpa memakai kendaraan di luar angkasa. Kala itu ia terbang dalam misi Voskhod 2. Selama 12 menit ia berjalan di luar angkasa dengan diikat memakai kabel sepanjang 5 meter. 

24 April 1967 - Kematian Pertama di Luar Angkasa 

Tewasnya Vladimir Komarov tercatat sebagai ajal pertama di luar angkasa. Ia tewas ketika wahana Soyuz 1 yang tengah dikendarainya meledak ketika memasuki kembali atmosfir Bumi. 

21 Juli 1969 - Orang yang Pertama Berjalan di Bulan

Neil Armstrong yang mengkomandani misi Apollo tercatat sebagai orang pertama yang berjalan di Bulan. Salah satu keunikan dalam misi Apollo 11 ialah pakaian luar angkasa yang mereka kenakan. Pakaian ini diproduksi oleh salah satu produsen pakaian dalam wanita.

28 April 2001 - Wisatawan Luar Angkasa Pertama

Seorang miliuner dari Amerika berjulukan Dennis Tito menjadi orang pertama yang berwisata di luar angkasa. Ia menghabiskan hampir delapan hari di luar angkasa dengan memakai wahana Soyuz TM-32 milik Rusia. Ia juga sempat mengunjungi International Space Station EP-1.

Daftar Pustaka

ANONYMOUS 2014. 10 Space First. BBC Knowledge. BBC Magazines.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Permulaan Dalam Perjalanan Luar Angkasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel