-->

10 Temuan Kunci Dalam Penelitian Evolusi

Berikut ini yaitu capaian-capaian kunci  dalam penelitian mengenai evolusi dan teladan hidup insan purba. Manusia dalam artikel ini merujuk pada mahluk hidup yang berada dalam genus / marga Homo, dan tidak terbatas pada insan modern (Homo Sapiens).

Temuan mahluk yang bisa menggenggam dengan kedua tangan

Fosil Orrorin tugenensis Hominid (mahluk seolah-olah manusia) yang ditemukan di Kenya tahun 2000 tmemiliki ibu jari yang sanggup menghadap telapak tangan dan bisa berjalan tegak. Fosil ini kira-kira berusia enam juta tahun dan merupakan fosil hominid tertua yang ditemukan sampai ketika ini. Ibu jari yang bisa menghadap telapak tangan memungkinkan hominid untuk sanggup menggenggam. 

Temuan mahluk yang tidak lagi hidup di atas pohon

Mahluk serupa insan diperkirakan tidak lagi hidup di atas pohon sekitar 4.4 juta tahun yang lalu. Pada tahun 1994 ditemukan sebuah fosil yang diklasifikasikan sebagai Ardipithecus ramidus. Mahluk ini diperkirakan sudah hidup baik di atas maupun di bawah pohon.

Reproduksi Australopithecus
africanus

Author: Nachosan
Lisensi: Creative Commons
Attribution-Share Alike
3.0 Unported

Temuan mahluk yang berjalan dengan dua kaki

Pada tahun 1924 di Afrika Selatan ditemukan fosil Australopithecus africanus yang kemudian dinamai Taung Child. Mahluk yang hidup sekitar 2.8 juta tahun yang kemudian ini diperkirakan sudah sanggup berjalan dengan dua kaki, walaupun masih mempunyai lengan yang berfungsi utama untuk memanjat.

Temuan mahluk yang bisa memakai perkakas

Hozbilis mahluk yang hidup sebelum insan diduga sudah cendekia memakai perkakas. Fosil mahluk ini ditemukan di Olduvai Gorge Tanzania tahun 1963. Mahluk yang hidup 2.3 - 1.4 juta tahun ini diperkirakan bisa memakai peralatan batu. Faktanya Homo habilis sendiri bermakna tukang.

Temuan mahluk yang bisa berjalan tegak 

Mahluk hidup sebelum insan sudah ada yang sanggup berjalan tegak. Fosil mahluk yang dinamai Australopithecus afarensis atau dikenal juga sebagai Lucy ini ditemukan di Ethiopia tahun 1974. Ia diperkirakan hidup 3.85 - 2.95 juta tahun yang lalu. Walaupun demikian ukuran otak mahluk ini belum menyamai insan modern.

Kerangka dan restorasi Neanderthal
di National Museum of  Nature
and Science, Tokyo, Jepang
.
Author: Photaro
Lisensi: Creative Commons
Attribution-Share Alike 3.0
Unported license

Temuan mahluk yang bisa berperilaku simbolik

Homo neanderthalensis yang ditemukan di lembah Neander Jerman pada tahun 1856 merupakan mahluk yang telah mempunyai sikap simbolik. Selain memakai pakaian, mereka juga membuat ornamen dan mempunyai tradisi untuk menguburkan sesamanya yang telah mati. Mereka hidup sekitar 3 juta - 50 ribu tahun yang kemudian dan diperkirakan sempat hidup pada masa yang sama dengan insan modern. 

Temuan adanya perkawinan antar spesies

Neanderthal Genome Project yang dimulai tahun 2006 menelaah genom dari mahluk berusia 1.3 juta tahun yang ditemukan di sebuah gua di Siberia. Analisis DNA mengatakan bawa Neanderthal kemungkinan telah melaksanakan perkawinan silang dengan insan modern.

Temuan mahluk yang bisa membuat perkakas batu

Perkakas kerikil diperkirakan sudah dipergunakan semenjak 3.5 juta tahun yang lalu. Hal ini ditunjukkan oleh bekas sayatan perkakas kerikil pada sepotong tulang binatang yang ditemukan di Ethiopia tahun 2010. Usia tulang hawan ini jauh lebih renta dari usia insan modern. Hal ini mengatakan bahwa pencipta perkakas kerikil ini yaitu mahluk sebelum manusia.

Model Homo erectus
di Bautzen-Kleinwelka

Author: Frank Vincentz
Lisensi: Creative Commons
Attribution-Share Alike
3.0 Unported

Temuan wacana jenis masakan insan purba

Fosil Australopithecus sediba ditemukan pada tahun 2008 di Afrika Selatan. Fosil-fosil ini terdiri dari banyak sekali individu dengan usia yang berbeda. Hasil analisis terhadap sisa-sisa masakan pada gigi mahluk ini dibutuhkan sanggup mengungkapkan jenis masakan yang dikonsumsi 2 juta tahun yang lalu.

Temuan wacana kemampuan memanfaatkan api

Homo erectus yang ditemukan di Jawa pada tahun 1891, merupakan mahluk yang mempunyai ciri-ciri seolah-olah manusia. Ia hidup kira-kira 1.8 juta - 1.4 juta tahun yang lalu. Mahluk ini diperkirakan sudah bisa memakai api.  

Daftar Pustaka

ANONYMOUS 2014. 10 Key Breaktrough in Human Evolution. BBC Knowledge. December ed.: BBC Magazines.
v class="separator" style="clear: both; text-align: center;">

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Temuan Kunci Dalam Penelitian Evolusi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel