-->

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Ciri-ciri Interaksi sosial yang dilakukan insan sebagai anggota masyarakat intinya mempunyai karakteristik sebagai berikut.



  1. Jumlah pelaku lebih dari satu orang, artinya dalam interaksi sosial, setidaknya ada dua orang yang bertemu dan mempunyai hubungan.
  2. Ada komunikasi antarpribadi yang memakai simbol, yang berarti bahwa dalam suatu interaksi sosial di dalamnya terjadi proses pertukaran gosip atau yang biasa disebut proses komunikasi dengan memakai sinyal atau tanda yang diartikan oleh simbol-simbol yang akan diungkapkan dalam komunikasi.
  3. Ada dimensi waktu (dulu, sekarang, dan masa depan) yang memilih sifat dari tindakan yang sedang berlangsung, yang berarti bahwa dalam proses interaksi dibatasi oleh dimensi waktu untuk memilih sifat dari tindakan yang dilakukan oleh orang-orang terlibat dalam interaksi.
  4. Ada tujuan tertentu, terlepas dari apakah tujuan ini harus diantisipasi oleh pengamat, yang berarti bahwa dalam interaksi sosial, orang-orang yang terlibat di dalamnya mempunyai tujuan yang diinginkan oleh mereka. Apakah akan menggali informasi, atau hanya bersikap ramah atau apa pun.

ciri Interaksi sosial yang dilakukan insan sebagai anggota masyarakat intinya memi Ciri-ciri Interaksi Sosial

Setiap interaksi sosial terdiri dari empat komponen utama, yaitu:

A. Stimulasi (stimulan)
Stimulasi yaitu segala sesuatu yang memprihatinkan, mendorong orang untuk melihat, mendengar, mencium, atau memperhatikan.

B. Tanggapan
Responsnya yaitu reaksi terhadap rangsangan. Reaksi ini akan memindahkan indera dan organ badan untuk mencari tahu.

C. Tindakan
Aksinya yaitu kegiatan pemula yang mengalami reaksi dari pihak pertama.

D. Reaksi
Reaksi yaitu kegiatan tindak lanjut atau akhir atas tindakan yang diambil oleh pihak pertama. Kegiatan ini dilakukan oleh pihak kedua sebagai lawan dari pihak yang berinteraksi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Interaksi Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel