-->

Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Pengatur Konflik


Partai berasal dari kata bahasa latin yakni  Fungsi Partai Politik sebagai Sarana Pengatur Konflik

Fungsi Partai Politik sebagai Sarana Pengatur Konflik


Dalam kehidupan demokrasi, terjadinya gejolak-gejolak sosial ibarat persaingan dan perbedaan pendapat dalam masyarakat merupakan satu hal yang masuk akal terjadi. Mengapa demikian? Alasannya, dalam kehidupan demokrasi terdapat jaminan kebebasan untuk beropini dan berorganisasi. Dalam hal beropini dan berorganisasi, setiap orang mempunyai pandangan masing-masing yang berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain.

Perbedaan itulah yang kadang menjadi penyebab timbulnya persaingan dan bermetamorfosis konflik (masalah). Jika sudah demikian, partai politik segera menjalankan fungsinya sebagai pengatur konflik. Partai politik berusaha menuntaskan konflik secara tenang dan berusaha menjadi penengah yang bersifat netral.

Dalam negara demokrasi yang masyarakatnya bersifat terbuka, adanya perbedaan dan persaingan pendapat sudah merupakan hal yang wajar. Akan tetapi pada masyarakat yang heterogensifatnya, perbedaan pendapat baik yang menurut etnis,status sosial ekonomi atau agama gampang sekali mengundang konflik. Pertikaian-pertikaian yang ada sanggup diatasi dengan dukungan partai politik, sekurang-kurangnya sanggup diatur sedemikian rupa, sehingga akibat-akibat negatifnya sanggup dihindari semaksimal mungkin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Pengatur Konflik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel