-->

Pengelompokan Kebutuhan Manusia

Berbagai kebutuhan insan yang tidak tidak terbatas berdasarkan ilmu ekonomi sanggup dikelompokkan berdasarkan beberapa sudut pandang. Pengelompokan kebutuhan itu ada yang berdasarkan tingkat kepentingan, waktu pemenuhan, sifat, dan subjeknya.

Pengelompokan kebutuhan insan berdasarkan tingkat kepentingan terdiri atas kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Kebutuhan primer ialah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Kebutuhan primer contohnya kebutuhan akan makan, minum, pakaian, perumahan, dan kebutuhan akan pendidikan.

Kebutuhan sekunder ialah kebutuhan insan yang kedua, alasannya muncul sesudah kebutuhan primer terpenuhi. Oleh alasannya itu, kebutuhan ini bersifat tidak pokok, namun bila kebutuhan ini terpenuhi akan sanggup meningkatkan kualitas hidup seseorang atau kehidupan seseorang menjadi lebih baik. Kebutuhan sekunder pada setiap orang akan berbeda-beda. Hal ini bergantung pada kondisi seseorang. Misalnya, seorang pelajar tidak akan membutuhkan timbangan alasannya timbangan merupakan kebutuhan sekunder seorang pedagang di pasar. Kebutuhan tersier ialah kebutuhan akan barang-barang mewah. Kebutuhan ini disebut juga dengan kebutuhan luks.

Kebutuhan tersier ini akan muncul sesudah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tersier harus didukung oleh penghasilan yang tinggi. Orang yang mempunyai penghasilan yang rendah tidak akan mungkin sanggup memenuhi kebutuhan ini. Kebuthan tersier contohnya perhiasan, telepon genggam, laptop, televisi LCD, antena parabola, dan kendaraan beroda empat mewah.

Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan masa sekarang dan masa akan datang. Kebutuhan masa sekarang ialah kebutuhan yang dirasakan mendesak, harus segera dipenuhi. Apabila kebutuhan ini tidak tercapai dalam pemenuhannya, maka kehidupan seseorang akan terganggu, contohnya kebutuhan makan bagi orang yang lapar, kebutuhan minum bagi orang yang haus, atau kebutuhan berobat ke runah sakit bagi orang yang sakit.

Sebaliknya, kebutuhan masa akan tiba ialah kebutuhan yang pemenuhannya sanggup ditangguhkan hingga waktu yang telah ditentukan. Kebutuhan ini sanggup ditunda alasannya kebutuhan tersebut belum dirasakan mendesak atau masih belum banyak penggunaannya, contohnya kebutuhan akan payung atau jas hujan untuk persediaan trend penghujan nanti. Dapatkah kau menyebutkan teladan lainya?

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani ialah kebutuhan yang bekerjasama dengan kesehatan fisik manusia. Misalnya, supaya kesehatan seseorang terjaga, maka ia harus cukup mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan berolahraga. Kebutuhan rohani ialah kebutuhan yang bekerjasama dengan kesehatan mental atau jiwa seseorang. Kebutuhan ini pemenuhan kebutuhan rohani mencakup beribadah kepada Tuhan YME, rekreasi, atau menuntut ilmu untuk menambah pengetahuan.
Berbagai kebutuhan insan yang tidak tidak terbatas berdasarkan ilmu ekonomi sanggup dikelompok Pengelompokan Kebutuhan Manusia

Terakhir ialah kebutuhan berdasarkan subjeknya yang terdiri atas kebutuhan langsung dan sosial. Kebutuhan langsung antara satu individu dengan individu lainnya cenderung berbeda, alasannya kebutuhan ini bekerjasama dengan selera atau pilihan masing-masing. Perhatikan saja tas yang dibawa oleh masing-masing temanmu di kelas! Pasti model, warna, corak, dan ukuranya akan berbeda sesuai dengan selera masing-masing. Atau tanyakan kepada diri sendiri dan temanmu! Barang apa yang menjadi kebutuhan dikala ini? Jawabannya mungkin akan berbeda alasannya sesuai dengan pilihan masing-masing.

Kebutuhan sosial ialah kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang banyak, mencakup keluarga hingga masyarakat. Kebutuhan sosial ini sifatnya sanggup dinikmati oleh orang banyak. Keluargamu mungkin membutuhkan rumah, televise, atau bangku tamu. Sedangkan di lingkungan daerah tinggalmu mungkin seluruh warga membutuhkan pos kamling untuk keperluan ronda malam, masjid sebagai sarana ibadah warga, atau jembatan untuk sarana kemudian lintas.

Sumber : IPS Terpadu - Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengelompokan Kebutuhan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel