-->

Sebab-Sebab Kebutuhan Insan Beraneka Ragam

Manusia untuk mempertahankan hidupnya membutuhkan masakan dan pakaian. Kebutuhan itu belum lengkap bila belum memiliki rumah daerah berlindung. Ketiga macam kebutuhan di atas yakni kebutuhan pokok. Setelah insan sanggup memenuhi kebutuhan makanan, pakaian, dan daerah berlindung, maka insan akan berpikir cara mengisi rumah itu.

Timbullah kebutuhan perabot rumah tangga, lemari pakaian, daerah tidur dan lain-lain. Namun, meskipun kebutuhan di atas terpenuhi, tetap saja akan muncul lagi kebutuhan yang lain. Sehubungan dengan itu, untuk memenuhi kebutuhannya, insan melakukan banyak sekali cara dan majemuk pengorbanan. Contohnya, petani bercocok tanam di ladang, pedagang berjualan di pasar, guru mengajar di sekolah, dan ayah bekerja di kantor.

Jumlah penduduk yang semakin meningkat dan pesatnya kemajuan zaman, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berakibat pribadi kepada kebutuhan manusia, dalam hal ini semakin bertambah dan beraneka ragam. Pada zaman dahulu bepergian cukup dengan berjalan kaki. Sekarang dengan ditemukannya kendaraan bermotor, untuk bepergian akrab pun memakai sepeda motor.

Di sisi lain insan memiliki sifat tidak pernah puas, maka tidaklah mengherankan bila kebutuhan insan tidak terbatas. Ada banyak sekali hal yang menjadikan kebutuhan insan tidak terbatas, antara lain: sifat insan yang tidak pernah puas, pertambahan penduduk, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan taraf hidup yang semakin meningkat, kebudayaan yang semakin maju, dan semakin mudahnya transportasi.

Sumber : IPS Terpadu - Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sebab-Sebab Kebutuhan Insan Beraneka Ragam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel