-->

Tindakan Sosial Berdasarkan Max Weber

Tindakan sosial berdasarkan Max Weber (pakar sosiologi) yaitu suatu tindakan individu selama tindakan itu mempunyai arti atau makna yang bersifat subjektif untuk dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Suatu tindakan individu yang diarahkan pada benda mati tidak masuk dalam kategori tindakan bersifat sosial. Dan suatu tindakan akan disebut sebagai suatu tindakan sosial ketika tindakan itu benar-benar  ditujukan kepada orang lain atau individu lainnya. Walaupun seringkali tindakan sosial sanggup berupa tindakan yang bersifat subjektif atu membatin yang sanggup saja terjadi disebabkan oleh imbas faktual yang berasal dari situasi tertentu. Dan bahkan sering tindakan sanggup terulag kembali secara sengaja sebagai bentuk akhir dari suatu imbas keadaan yang sama berupa persetujuan secara pasif dalam situasi tertentu. Max Weber membedakan suatu tindakan sosial insan ke dalam 4 tipe, antara lain :

Tindakan Rasionalitas Instumental


Tindakan sosial ini yaitu suatu tindakan yang dilakukan seseorang yang berdasar atas pertimbangan dan juga pilihan secara sadar yang berkaitan dengan suatu tujuan tindakan itu dan ketersediaan suatu perangkat yang dipakai untuk sanggup memperolehnya. Seperti misalnya : seorang murid yang seringkali terlambat tiba ke sekolah disebabkan tidak mempunyai kendaraan, yang pada karenanya ia membeli suatu kendaraan supaya ia tiba ke sekolah lebih cepat dan tidak lagi terlambat. Dan tindakan ini  sudah dipertimbangkan secara matang supaya ia memperoleh suatu tujuan tertentu. Dengan kata lain untuk memilih suatu tujuan itu sanggup saja suatu tindakan dilakukan semoga sanggup menerima tujuan itu.

Tindakan Rasional Nilai

Dan untuk tindakan rasional nilai mempunyai sifat bahwa perangkat yang ada hanya yaitu suatu pertimbangan dan jugakalkulasi secara sadar, dan sementara untuk tujuannya tela ada di dalam sutu korelasi dengan suatu nilai individu yang bersifat absolut. Seperti pola : dalam beribadah atau seseorang yang mendahulukan orang bau tanah ketika mengantri pembelian atau sembako. Itu artinya, tindakan sosial dari 4 tipe tindakan sosial berdasarkan Max Weber ini sudah dipertimbangkan terlebih dulu disebabkan mendahulukan suatu nilai sosial atau nilai agama yang ia miliki.

 yaitu suatu tindakan individu selama tindakan itu mempunyai arti atau makna yang bersifa Tindakan Sosial Menurut Max Weber
Max Weber
Tindakan Afektif atau Tindakan yang Di Pengaruhi Oleh Emosi

Untuk tipe tindakan ini lebih membawa perasaan atau emopsi tanpa perencanaan yang sadar. Tindakan ini bersifat spontan, tidak rasioanl, dan juga yaitu suatu lisan emosional atau individu. Seperti pola : korelasi kasih sayang diantara dua pasangan yang sedang jatuh cinta. Dan tindakan ini biasanya terjadi atas rangsangan dari luar yang sifatnya otomatis.
4-tipe-tindakan-sosial-menurut-max-weber

Tindakan Tradisional


Dalam tindakan ini, seseorang mengatakan suatu sikap tertentu yang disebabkan alasannya kebiasaan yang dimiliki dari nenek moyang, tanpa perencanaan. Seperti mudik ketika Lebaran.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tindakan Sosial Berdasarkan Max Weber"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel