-->

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian dan Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian dan Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap -Agar mendapatkan sebuah perangkat komputer yang ideal harus mempunyai komponen-kompenan dalam komputer. Pada kesemptan kali ini akan mengulas perihal macam-macam perangkat keras komputer beserta pengertian dan fungsinya. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


Macam-Macam Perangkat Keras Komputer

1. Monitor 
Monitor yaitu salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai sebuah alat output yang mempunyai fungsi untuk menampilkan suatu hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor memiliki sebuah ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Pada Jenis-jenis monitor yang paling umum dikala ini yaitu monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).


2. Keyboard 
Keyboard merupakan yaitu salah satu jenis perangkat keras komputer yang berbentuk papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard ini terdiri dari deretan aksara dan angka. Keyboard mempunyai aneka macam macam jenis, yaitu antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.



3. Mouse 
Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai sebuah alat input. Mouse ini mempunyai fungsi untuk menggerakkan kursor atau menunjuk sebuah aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat yang satu ini dinamakan mouse, alasannya ialah bentuknya yang menyerupai dengan seekor tikus. Mouse ini mempunyai banyak jenis-jenis nya yaitu : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless


4. Processor 
Processor yaitu sebuah IC yang mengontrol semua jalannya suatu sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) mampu dibilang sebagai otak pada suatu komputer, alasannya ialah bertugas CPU ini mempunyai fungsi unutk melaksanakan perhitungan ataupun memerintah jadwal yang akan dijalankan oleh komputer.


5. Motherboard 
Motherboard yaitu sebuah papan sirkuit yang mempunyai fungsi sebagai kawasan suatu komponen-komponen komputer menyerupai processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri yaitu berupa papan utama yang berbentuk PCB dan mempunyai chip BIOS, jalur-jalur ataupun konektor yang fungsinya untuk menghubungkan masing-masing perangkat.


6. Hard disk atau hard disk drive (HDD)
HDD yaitu suatu perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang fungsinya unutk memperbesar kapasitas data yang mampu ditampung oleh hard disk tersebut.


7. RAM atau Random Acces Memory 
RAM yaitu suatu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data ataupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada sebuah RAM yang sifatnya sementara. Makara ketika komputer dimatikan, data maupun ataupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/dikosongkan kecuali pada komputer tersebut dalam mode hibernate.



8. Modem 
Modem yaitu salah satu jenis perangkat keras komuter juga yang mempunyai kepanjangan Modulator Demodulator. Modem ini mempunyai fungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital ini di konversi oleh perangkat modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog, ketika modem ini mendapatkan data dari luar yang berbentuk sinyal analog, modem ini akan mengubahnya kembali menjadi sebuah data yang berbentuk digital semoga mampu diolah oleh komputer.


9. Speaker
Speaker yaitu salah satu perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker ini memiliki peranan yang penting dalam mengeluarkan suatu hasil pemrosesan berupa suara. Speaker ini mampu berfungsi sebagaimana mestinya kalau di dukung oleh suatu perangkat yang berjulukan sound card. 


10. PC cooler/ heatsink 
PC cooler yaitu salah satu perangkat komputer yang mempunyai fungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh suatu komputer. Mengingat panas pada sebuah komputer mampu merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan PC cooler/ heatsink sangatlah penting sama dengan yang lainnya.



11. VGA atau Video Graphic Adapter 
VGA yaitu salah satu suatu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh sebuah monitor. VGA juga mempunyai processor yang biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer ataupun designer.


12. SSD atau Solid State Drive 
SSD yaitu suatu inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu sebuah hard disk. SSD yaitu suatu media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk dalam penyimpanan datanya. SSD juga mempunyai fungsi yang sama menyerupai hard disk, namun sedikit berbeda dengan suatu hard disk.

Data pada SSD  disimpan pada sebuah chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut mempunyai sebuah kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal dibandingkan dengan HDD walaupun dengan kapasitas yang sama.


13. Optical drive 
Optical Drive yaitu salah atu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk membaca (read) ataupun menulis (write) data dari pecahan CD/ DVD. Perangkat ini erdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, misalnya menyerupai : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.


14. Power Supply
Power Supply yaitu salah satu jenis perangkat keras yang mempunyai fungsi sebagai penyuplai daya ke suatu komponen-komponen yang lain menyerupai motherboard, processor, VGA, dll. Power supply ini mampu dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer mampu hidup tanpa adanya perangkat yang satu ini.


15. Printer
Printer yaitu Sama halnya dengan monitor, printer ialah salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output. Printer ini mempunyai fungsi untuk mencetak hasil pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas (hard copy). Berdasarkan pada teknologi yang digunakan dikala ini, Printer ini mempunyai banyak jenis yang banyak ditemui yaitu printer Dotmatrix, printer Inkjet dan printer Laserjet.


16. Sound Card
Sound card yaitu salah satu perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Pada awalnya, sound card hanyalah sebuah komplemen komputer, namun dikala ini sound card ialah suatu perangkat yang harus dipunyai oleh pengguna komputer.


17. Scanner 
Scanner yaitu suatu perangkat keras yang memiliki cara kerja yang hampir sama menyerupai fotokopi. Berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner ini mempunyai fungsi untuk merubah hard file menjadi sebuah digital file yang dapat mampu diolah di komputer.


18. Proyektor LCD 
Proyektor LCD yaitu salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk digunakan untuk menampilkan video ataupun gambar dari komputer pada suatu layar ataupun pada bidang yang mempunyai permukaan datar. Untuk menampilkan sebuah video/ gambar, proyektor LCD ini mengirimkan sebuah cahaya dari lampu halide logam lalu diteruskan ke dalam prisma yang dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu pada komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.



19. NIC atau Network Interface Card 
NIC yaitu sebuah kartu yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam sebuah jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, antaranya yaitu NIC sifatnya fisik (contoh : NIC Ethernet, Token Ring, dll ) dan NIC sifatnya logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).


20. Webcam 
Webcam yaitu salah satu kamera digital yang dihubungkan ke komputer. Kebanyakan pada webcam dikala ini menyatu dengan sebuah layar laptop. Webcam juga biasanya digunakan untuk mengambil sebuah gambar ataupun video melalui jaringan internet.




Sebuah perangkat keras mempunyai fungsi dan kegunaan nya masing-masing dan saling melengkapi satu sama lain. 

Itulah ulasan perihal Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian dan Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian dan Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel