-->

Pengertian, dan Macam-Macam Motif Ekonomi Beserta 7 Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, dan Macam-Macam Motif Ekonomi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap - Dalam pembahasan kali ini, akan membahas mengenai perihal motif ekonomi. Motif ekonomi seseorang ketika melaksanakan suatu tindakan ekonomi tidak hanya didorong oleh satu keinginan tapi didorong oleh banyak keinginan.Untuk lebih jelasnya lagi mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.

Macam Motif Ekonomi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap Pengertian, dan Macam-Macam Motif Ekonomi Beserta 7 Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Motif Ekonomi

Motif ekonomi yaitu setiap alasan, dorongan, dan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang atau tubuh untuk melaksanakan suatu tindakan ekonomi. Kata Motif berasal dari kata bahasa inggris yaitu motive yang memiliki arti alasan atau penggerak. Setiap alasan akan mendorong insan dalam melaksanakan kegiatan, perbuatan atau tindakan. Setiap kegiatan, tindakan maupun perbuatan seseorang didorong oleh suatu keinginan/motif untuk mencapai tujuan tertentu.

Motif ekonomi terbagi menjadi 2 (dua) aspek yaitu :

1. Motif ekonomi intrinsik
Motif ekonomi intrinsik adalah suatu keinginan dari seseorang untuk mempunyai barang atau mendapatkan jasa atas kesadarannya sendiri. Misalnya ibarat : Karena saya lapar tentunya saya akan membeli makanan dan saya membelinya atas kesadaran sendiri. teladan yang lainnya sebab orang tersebut ingin mempunyai sepeda motor maka ia menabung dan bekerja keras untuk mendapatkan uang.

2. Motif ekonomi ekstrinsik
Motif ekonomi eksterinsik adalah seseorang jikalau ingin mendapatkan sebuah barang atau untuk mendapatkan jasa sebab dorongan dari orang lian. Seperti misalnya: seorang murid sekolah memakai sebuah topi, dasi dan atribut lengkap lainnya pada hari senin untuk melaksanakan upacara sebab hal tersebut sudah menjadi sebuah peraturan sekolah yang harusa ditaati oleh semua murid, Contoh yang lainnya adalah ani membeli pakaian tertentu sebab ingin mengikuti tren pada jaman sekarang, sebab ingin mengikuti tren inilah ani melaksanakan motif ekonomi bukan atas kemauannya sendiri.

Macam-macam motif ekonomi

Adapun macam-macam dari motif ekonomi diantaranya sabagai berikut ini:

1. Motif dalam memenuhi kebutuhan
Motif memenuhi kebutuhan adalah suatu tindakan insan didorong oleh hasrat ingin memenuhi suatu kebutuhan. Untuk mempertahankan kelangsungan dalam hidupnya, setiap orang mempunyai kebutuhan, baik berupa barang ataupun jasa yang harus dipenuhi. Biasanya dalam kebutuhan tersebut sifatnya tidak terbatas, sedangkan pada alat pemuasnya terbatas. Oleh sebab itu, setiap orang harus memiliki perhitungan yang cermat dan matang biar untuk mendapatkan hasil sesuai dengan harapannya. Kecenderungan insan yaitu senantiasa untuk mencapai sebuah kemakmuran bagi kehidupannya. Kemakmuran ini diartikan sebagai kondisi yang dimana insan mampu memenuhi sebagian besar kehidupannya.

Contohnya : seseorang bekerja keras untuk mendapatkan uang yang nantinya uang itu mampu digunakan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

2. Motif memperoleh laba
Motif untuk mendapatkan laba yaitu segala sesuatu yang mendorong insan untuk melaksanakan tindakan ekonomi untuk memperoleh laba. Seseorang untuk memenuhi suatu kebutuhan hidupnya dilatar belakangi oleh motif atau impian untuk memperoleh laba/keuntungan. Motif ini adalah suatu dorongan yang timbul dengan tujuan untuk mendapatkan komplemen manfaat, baik yaitu berupa uang ataupun barang. Dengan memperoleh keuntungan diperlukan kekayaan seseorang mampu bertambah dan ia mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya secara lebih baik.

Contohnya: seorang pedagang pakaian menjual pakaian dengan kualitasnya baik dan dengan harga relative murah dan melayaninya dengan sangat ramah. Banyak orang yang membeli sehingga ia memperoleh keuntungan yang banyak.

3. Motif mendapatkan kekuasaan ekonomi
Motif untuk memperoleh kekuasaan ekonomi adalah suatu keinginan insan yang sudah makmur, tetapi masih untuk melaksanakan suatu tindakan ekonomi sebab dorongan untuk mendapatkan sebuah kekuasaan di banyak sekali kegiatan usaha dalam sebuah perekonomian.

Contohnya : Di sebuah kelurahan yang sedang terjadi dalam suatu pemilihan lurah baru. Pak Ari yaitu salah seorang calon lurah, Ia memodali perbaikan jalan yang rusak dikampungnya, menyelenggarakan pengobatan gratis kepada suatu masyarakat di kampungnya dengan impian dalam pemilihan kepala desa nanti, ia mendapat sebuah bantuan dari masyarakat sekitar.

4. Motif mendapatkan penghargaan
Motif untuk mendapatkan penghargaan yaitu suatu tindakan insan yang didorong untuk memperoleh suatu penghargaan. Penghargaan dari orang lain akan menunjukkan rasa kepuasaan tersendiri bagi suatu pelaku kegiatan ekonomi. Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar untuk mendapatkan sebuah kebanggaan atau piagam tetapi juga ingin dalam status sosial yang lebih tinggi dari lingkungan masyarakat sekitar.

Contohnya: ada seorang manager atau pengusaha tetap melaksanakan suatu kegiatan ekonomi dengan kerja keras meskipun dalam keuntungan dan kemakmurannya sudah diraihnya. Hal ini dilakukan supaya ia tampil sebagai manager yang handal dan disegani. Prestasi tersebut tidak jarang membuahkan suatu penghargaan dari pemerintah ataupun dari kalangan pengusaha. Misalnya manager tersebut digolongkan kedalam Top Manager versi sebuah majalah ekonomi dan perusahaan yang dikelolanya mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

5. Motif sosial
Motif sosial yaitu segala sesuatu yang mendorong insan untuk melaksanakan tindakan ekonomi sebab ingin menolong sesama. Manusia yaitu makhluk ekonomi yang sekaligus makhluk sosial. Selain untuk memperhatikan kepentingan diri sendiri, insan juga harus peduli terhadap sesamanya. Motif sosial yaitu dorongan bahwa dengan suatu tindakan ekonomi yang dilakukannya mampu menunjukkan manfaat atau keuntungan bagi orang lain.
Contohnya : seseorang sudah suskses dengan usahanya lalu ia membangun sebuah yayasan untuk panti jompo dan anak yatim.

Memang setiap insan melaksanakan suatu kegiatan pasti di latar belakangi oleh suatu keinginan untuk mendaptkan suatu hal. Hal ini berlaku pada semua insan tanpa terkecuali. Tindakan ekonomi pun tidak terlepas dari sebuah keingnan. keinginan seseorang menjadi suatu alasan bagi orang tersebut untuk berbuat sesuatu. Keinginan atau kehendak dalam sanubari seseorang itu mendorong orang untuk melaksanakan suatu tindakan demi tindakan tertentu.

Itulah ulasan tentang  Pengertian, dan Macam-Macam Motif Ekonomi Beserta 7 Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, dan Macam-Macam Motif Ekonomi Beserta 7 Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel