-->

Pengertian Dan Unsur - Unsur Yang Terdapat Dalam Iklan Beserta Contoh Lengkap


Pengertian Dan Unsur - Unsur Yang Terdapat Dalam Iklan Beserta Contoh Lengkap.- Selain radio, salah satu media komunikasi ialah surat kabar atau majalah. Dalam surat kabar atau majalah, kau dapat menemukan beragam informasi, termasuk iklan. Iklan sangatlah berkhasiat bagi kamu. Melalui iklan, kau mampu memperoleh informasi mengenai barang yang akan dijual, lowongan pekerjaan, jasa perbaikan dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih terang mengenai iklan baris, simak ulasan berikut ini!


Pengertian Iklan

Iklan ialah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media cetak (seperti surat kabar atau majalah) atau ditempat umum (KBBI, 2002). Di dalam teks iklan tersebut kau dapat menemukan informasi berkaitan dengan barang atau benda yang diiklankan. Di dalam teks tersebut terdapat fakta dan opini perihal isi iklan. Fakta ialah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi dan bersifat objektif. Opini ialah pendapat, pikiran, pendirian dan bersifat subjektif.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan ialah sebagai berikut :
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, hemat, menarik dan komunikatif.
  2. Alamat terperinci dan dilengkapi dengan nomor telpon.
  3. Dapat merangsang harapan untuk membeli atau memenuhi semua yang diiklankan.
  4. Isinya tidak boleh menyesatkan.
  5. Isi dibatasi atau tidak melebihi kolom yang tersedia.
Berdasarkan tujuannya, iklan dapat dibedakan menjadi ; iklan reklame, iklan pengumuman dan iklan penawaran atau iklan permintaan.
  • Iklan reklame merupakan iklan niaga yang isinya memperkenalkan suatu barang. Iklan ini biasanya dibuat dengan kalimat yang berisi semboyan, singkat, penuh agresi dan terasa hidup. Iklan didominasi oleh gambar-gambar yang menarik dan mencolok.
  • Iklan pengumuman merupakan iklan nonniaga yang isinya memberitahukan hal-hal yang bekerjasama dengan urusan dan kepentingan masyarakat luar, menyerupai penerangan atau pemberitahuan insan keluarga.
  • Iklan penawaran atau undangan ialah iklan niaga yang berisi penawaran atau undangan semoga orang lain mau bekerja sama dengan pemasang iklan, Contoh iklan penawaran atau undangan ialah iklan baris.
Pada dikala ini, eksistensi iklan kian semarak dan gencar. Untuk memperlihatkan produknya, baik barang maupun jasa, banyak sekali perusahaan memuat iklan di banyak sekali media massa, baik media elektronik maupun media cetak. Koran ialah salah satu media yang digemari oleh pemasang iklan. Alasannya, biayanya relatif murah dan media tersebut dikonsumsi banyak orang setiap hari. Perhatikan pola iklan baris berikut.

Teks 1
BEKERJA SAMBIL BELAJAR p/w 18-45 th pengalaman tdk perlu, dilatih s/bisa, bukan sales/asuransi, pendapatan 1,5jt-3jt/mmg mampu dikerjakan diktr/rmh, segera. Hub: "Riza Aryono" 081645651755, 30111655
Iklan tersebut merupakan iklan lowongan pekerjaan atau kerja sama. Jika kita membaca iklan baris tersebut secara cermat, isi iklan tersebut ialah sebagai berikut.
Ada ajuan bekerja sambil mencar ilmu untuk pria dan wanita dengan umur 18 hingga dengan 45 tahun. Pengalaman kerja tidak dibutuhkan karena akan dilatih hingga bisa. Pekerjaan ini bukan sales atau bidang asuransi. Pendapatan yang mampu anda peroleh ialah 1,5 hingga dengan 3 juta setiap minggu. Pekerjaan ini mampu dikerjakan dirumah atau dikantor. Jika anda berminat, dapat menghubungi Riza Aryono dengan nomor handphone 081645651755 dan telpon 30111655.


Menulis Iklan Baris

Salah satu jenis iklan ialah iklan baris. Iklan baris ialah iklan mini atau singkat yang terdiri atas beberapa baris saja di sebuah kolom. Isinya pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa. Iklan baris disebut juga iklan mini. Untuk memasang iklan baris di surat kabar atau majalah, kita dikenai biaya. Biaya tersebut dihitung berdasarkan berapa baris iklan yang kita tulis.
Perhatikan pola iklan baris berikut.
Dijual Mrh Rmh Br S. Huni 100% Br Lt162/Lb.139 m²&Tnh kav Ekslusif Ls160 s.d 500 m² (Unit Terbatas) di Pesona Khayangan Estat Dpk (MargondaRy) Hub: 7713971, 081234355434
 Dijual Tanpa Perantara Tanah 500m² SHM di Sarua, Ciputat, Tanggerang, Hub Ibu Anida 085790098998, Harga Nego
Jual Tanah Milik Sendiri 200.300.500.1000.6000 13ha, 20ha, ada rambutan dll. Hub: Abah. H. Bagus Hp.081313242001 Jatiasih
 CETAK KILAT Tanpa min, order. Tanpa Biaya Tambahan: Undangan, Nota, Brosur, Kartu Nama, Tas-belanja, Stiker, Menu, Yasin- Jual Undangan Blangko Rp.575. Hub: 4534774-081887876556
Cetak Digital dalam dan luar ruang disk 30% X-Banner Rp231.000, Roll Banner Rp472.500 Sistem Iklan Display-Cutting Sricker Taman Pluit Kencana Dlm No.20 Tlp: 6691363
CITRA JAYA FORTUNA Terima Cetak Logo: Perusahaan untuk Mug, Piring, Gelas, Dll. Harga Dijamin Murah, Hub: Villa Nusa Indah Blok U3 No.26 Bojong Kulur Bekasi Telp: 82416889
Isi iklan harus objektif dan jujur, singkat dan jelas, tidak menyinggung perasaan golongan masyarakat atau produsen lain, serta menarik perhatian. Bahasa iklan harus mudah dipahami dan mudah diingat, berkonotasi positif yang mampu memengaruhi dan meyakinkan khalayak, serta menjadikan sikap penasaran dari khalayak ramai


Menentukan Butir-Butir Yang Akan Ditulis Dalam Iklan Baris Di Surat Kabar

Kamu harus berlatih mengenali butir-butir atau unsur-unsur yang harus dituliskan dalam iklan lowongan pekerjaan dan iklan penawaran barang atau jasa.

Butir-butir yang harus dicantumkan dalam penulisan iklan baris jenis lowongan pekerjaan, yaitu : 
  1. Jenis lowongan pekerjaan
  2. Kriteria sumber daya insan yang dibutuhkan
  3. Alamat pemasang iklan
  4. Batas waktu pelamaran
  5. Hak yang akan diperoleh pelamar yang diterima.
Butir-butir yang harus dicantumkan dalam penulisan iklan baris jenis jual-beli atau penawaran barang atau jasa, yaitu : 
  1. Barang atau jasa yang ditawarkan
  2. Kondisi barang
  3. Alamat
  4. Harga-harga barang


Iklan baris sangat berkhasiat bagi kita. Kita mampu memperoleh informasi mengenai barang yang akan dijual,  pekerjaan, perbaikan dan lain-lain. Mengiklankan sesuatu dengan iklan baris merupakan cara yang efektif dan efesien

Itulah ulasan mengenai Pengertian Dan Unsur - Unsur Yang Terdapat Dalam Iklan Beserta Contoh Lengkap.- Semoga apa yang telah diulas diatas dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terim kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Unsur - Unsur Yang Terdapat Dalam Iklan Beserta Contoh Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel