-->

10 Hal Yang Harus Kita Waspadai Mengenai Malware Infections


Laporan tengah tahunan terbaru mengenai Security Information Report (SIR) dari Microsoft telah dirilis. Laporan setebal 232 halaman ini memperlihatkan peringatan dan beberapa fakta penting ihwal computer security pribadi.


10. Jumlah Malware Infection di Dunia amat luar biasa
Menurut laporan Microsoft ini, dari semua komputer yang telah dikunjungi oleh Microsoft Malicious Software Removal Tool (MSRT) pada semester pertama tahun 2009, 8,7 dari 1.000 (kurang dari satu percent) terserang malware infection. Titik-titik rawan dari malware infection terdapat di Serbia dan Montenegro, di mana angka 97,2 per seribu, Turkey dengan 32,3, Brazil dengan 25,4, Spanyol dengan 21,6, Korea Selatan dengan 21,3, Arab Saudi dengan 20,8, dan Taiwan dengan 20,4. Computer terbersih dari malware infection terdapat di Finlandia dengan tingkat 1.9. USA 8,6 hampir sama dengan rata-rata global. Yang tidak disebutkan oleh laporan Microsoft yaitu bahwa malware infection pada computer Apple Macintosh masih amat langka.

9. Worm, Spyware, Adware, Malware
Ada virus yang menjiplak diri dan menyebar ke computer lain, kadang kala hanya demi kepentingannya sendiri. Virus jenis ini disebut worm jikalau mereka melakukannya melalui e-mail atau instant messenger. Spyware yang mengawasi aktivitas Anda untuk tujuan Advertising. Adware yang memunculkan pop-up Advertisement. Malware, yaitu software apapun Anda inginkan, terutama software yang didesain untuk niat jahat. Sebuah bug, dilain pihak, yaitu software yang tidak berfungsi secara benar - dan mungkin lebih baik daripada malware.

8. Sumber-sumber Malware
Anda sanggup mendapatkan jerawat dengan mengunjungi malicious Web site, atau dengan mengklik sebuah file attachment dalam e-mail spam, melalui file sharing P2P jaringan, dengan men-download apa yang Anda pikir merupakan software bebas (freeware), atau dengan memakai perangkat removable yang terinfeksi menyerupai USB memory stick. Serangan sanggup tiba melalui banyak sekali sumber di Internet.

7. Bahaya laten Trojan
Banyak trojan akan mendownload malware lainnya yang berakar di computer kita dan mulai melaksanakan hal-hal buruk. Ini termasuk password stealers dan keyloggers yang akan mencoba untuk mencuri info account Anda sehingga orang lain sanggup menyikat uang Anda. Atau mereka sanggup mengubah computer anda untuk botnet node, di bawah kendali dari bot herder, yang biasanya akan menggunakannya untuk memuntahkan spam. Kalu sahabat anda mendapatkan e-mail yang aneh-aneh dari anda berarti computer anda sudah dijadikan botnet node.


6. Jenis-jenis serangan malware
Jika Anda akan mendapatkan infeksi, setidaknya dari AS. Kemungkinan disebabkan oleh semacam Trojan. Menurut SIR, 42 persen dari jerawat yang ditemukan MSRT merupakan Trojan. Adware juga besar sekitar 16,3 persen. Password stealers sebesar 4,1 persen. Di daerah lain, jenis jerawat sanggup banyak sekali macam. Di Brazil, misalnya, password setalers ditujukan untuk menyerang password on-line banking. Spanyol dan Korea Selatan mempunyai banyak kesamaan, tetapi keduanya menderita oleh worm yang menargetkan on-line gamers.

5. Kerentanan Operation System
Tidak semua operation system sama-sama rentan. Microsoft memperlihatkan bahwa Windows XP versi un-patched mempunyai tingkat jerawat sekitar 32,5 per seribu - sekitar empat kali rata-rata global. Windows XP Service Pack 3 (yang sepenuhnya di update) sub-rata-ratanya 8 untuk seribu. Windows Vista rata-ratanya 3,1 per seribu untuk versi 32-bit, dan 2 per seribu untuk 64 - bit version.

4. Manfaat Patching
Hacker mempunyai reputasi lebih unggul dibanding vendor software, tetapi dalam kenyataannya mereka sering memakai vulnerabilities yang patch nya telah dikeluarkan. Microsoft suka memakai pola dari "Reno" Trojan yang menyerang Vista, menjadikan Windows Explorer menghasilkan trackable error reports. Setelah Microsoft mengeluarkan patch, laporan jatuh dari 1,2 juta laporan kesalahan sehari menjadi kurang dari 100.000 - dalam tiga hari.

3. Manfaat Update
Tingkat jerawat versi 64-bit akhir software biasanya sepertiga lebih rendah daripada tingkat jerawat pada versi 32-bit.

2. Malware bukanlah satu-satunya ancaman di Internet
Peningkatan Phishing - e-mail yang mencoba untuk menipu Anda supaya mengungkapkan info yang sanggup dipakai untuk pencurian ID atau penipuan lainnya. Para phisher kala ini mengincar anggota situs pertemanan social dan bahkan perusahaan besar.

1. Gunakan nalar sehat
Software tidak sanggup melindungi Anda terhadap wabah phishing - hanya nalar sehat yang sanggup menangkalnya. Jika anda mendapatkan e-mail acak yang meminta info eksklusif Anda lantaran jikalau tidak entah bagaimana rekening bank Anda, atau subscription game anda, atau hak istimewa computer perusahaan anda akan ditangguhkan, SEGERA HAPUS

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Hal Yang Harus Kita Waspadai Mengenai Malware Infections"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel