-->

Bocoran Wacana Soal Tes Cpns 2018

Bocoran Tentang Soal Tes CPNS 2018 - Proses Pelaksanaan Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 telah melalui beberapa tahapan. Salah satu tahapan paling penting sesudah tahap pendaftaran akun SSCN dan seleksi manajemen yang harus dilalui oleh para CPNS  ialah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tentu saja Tahap seleksi boleh diikuti oleh para penerima yang sudah diumumkan lulus sesudah seleksi manajemen dari berkas yang diupload pada tahap pemberkasan.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 memakai sistem  Tes Berbasis Komputer (Computer Assisted Test/CAT), dan kelulusan memakai sistem nilai passing grade yang telah ditetapkan. Nilai SKD/Seleksi Kompetensi Dasar sangat penting mengingat bobot SKD  sebesar 40 persen dan sisanya ialah bobot  Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebesar  60 persen.

Dalam  laman resmi Kementerian PANRB, Deputi SDM  PANRB Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan, setiap penerima SKD harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

Baca Juga: Download Contoh Soal CPNS 2018: Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) disertai Pembahasannya

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI ini meliputi sistem tata negara Indonesia, sejarah usaha bangsa, tugas bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia penerima seleksi. Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan memberikan warta secara verbal maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melaksanakan operasi perhitungan angka dan melihat relasi diantara angka-angka. Dari setiap tanggapan yang benar pada kelompok soal ini akan menerima skor 5, dan yang salah nilainya nol (0). 
TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang bekerjasama dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau kebijaksanaan sehat secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dari setiap tanggapan yang benar pada kelompok soal ini akan menerima skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).


Kelompok soal ketiga ialah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal dalam kelompok soal ini meliputi hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi warta dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja berdikari dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan mencar ilmu berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, penerima diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.
Para Peserta perlu mengetahui warta terkait Soal Tes CPNS 2018 semoga sanggup mempersiapkan diri secara matang. Akhirnya semoga para penerima tes CPNS 2018 sanggup mengikuti semua tahapan seleksi CPNS 2018 dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bocoran Wacana Soal Tes Cpns 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel