-->

Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Sosialisasi Politik



Partai berasal dari kata bahasa latin yakni  Fungsi Partai Politik sebagai Sarana Sosialisasi Politik

Fungsi Partai Politik sebagai Sarana Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik sanggup diartikan sebagai upaya pemasyarakatan politik biar dikenal, dipahami, dan dihayati oleh masyarakat. Usaha sosialisasi politik berkaitan bersahabat dengan perjuangan partai politik untuk menguasai pemerintahan lewat kemenangan dalam pemilihan umum. Dalam perjuangan menguasai pemerintahan, partai politik harus memperoleh proteksi sebanyak mungkin. Oleh alasannya itu, partai politik berusaha membuat ”image” kepada masyarakat luas bahwa partai tersbut memperjuangkan kepentingan umum. Itulah upaya sosialisasi politik yang sanggup dilakukan oleh partai politik.

Bentuk sosialisasi politik lain yang sanggup dilakukan oleh partai politik contohnya : Partai politik berusaha mendidik anggota-anggotanya menjadi insan yang sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga negara dan menempatkan kepentingan diri sendiri di bawah kepentingan nasional. Selain itu, partai politik juga berupaya memupuk identitas nasional dan integrasi nasional.

Proses sosialisasi sanggup dilakukan dengan aneka macam cara. Misalnya, dengan ceramah-ceramah penerangan, kursus kader, dan kursus penataran. Biasanya proses sosialisasi berlangsung dalam kurun waktu yang cukup usang dan berkesinambungan. Sosialisasi politik, merupakan proses pembentukan perilaku dan orientasi politik pada anggota masyarakat. Keterlaksanaan sosialisasi politik, sangat ditentukan oleh lingkungan sosial, ekonomi, dan kebudayaan di mana seseorang/individu berada. Selain itu, juga ditentukan oleh interaksi pengalaman-pengalaman serta kepribadian seseorang. Sosialsiasi politik, merupakan proses yang berlangsung usang dan rumit yang dihasilkan dari perjuangan saling menghipnotis di antara kepribadian individu dengan pengalaman-pengalaman politik yang relevan yang memberi bentuk terhadap tingkah laris politiknya. Pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap¬-sikap yang diperoleh seseorang itu membentuk satu persepsi, melalui mana individu mendapatkan rangsangan-rangsangan politik. Tingkah laris politik seseorang berkembang secara berangsur-angsur. Jadi, sosialisasi politik yakni proses dengan mana individu-individu sanggup memperoleh pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap-sikap terhadap sistem politik masyarakatnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Sosialisasi Politik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel