-->

Operasi Bilangan Buat: Pengurangan Bilangan Bulat

Operasi Bilangan Buat: Pengurangan Bilangan Bulat -  Pada postingan kali ini akan dipaparkan perihal operasi pengurangan bilangan lingkaran memakai alat bantu berupa garis bilangan. Garis bilangan dipakai untuk membantu pemahaman siswa SD dan Sekolah Menengah Pertama dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Prosedur kerja penggunaan garis bilangan dalam mengoperasikan bilangan lingkaran pada penjumlahan dan pengurangan yaitu:
  1.  Setiap akan melaksanakan peragaan, posisi awal kegiatan peragaan harus selalu dimulai dari bilangan 0 (nol).
  2. Jika bilangan pertama dalam suatu operasi hitung bertanda positif, maka ujung anak panah diarahkan ke bilangan konkret dan bergerak maju dengan skala yang besarnya sama dengan bilangan pertama. Sebaliknya jikalau bilangan pertamanya bertanda negatif, maka ujung anak panahnya diarahkan ke bilangan negatif dan bergerak dengan skala yang besarnya sama dengan bilangan pertama.
  3. Jika anak panah dilangkahkan maju, maka dalam prinsip operasi hitung istilah maju sanggup diartikan sebagai “penjumlahan”. Sebaliknya jikalau anak panah dilangkahkan mundur, maka istilah mundur sanggup diartikan sebagai “pengurangan”. Namun demikian, gerakan maju atau mundurnya anak panah tergantung pada bilangan penambah atau pengurangnya. 
Setelah pada postingan terdahulu yaitu :Operasi Bilangan Bulat : Penjumlahan Bilangan Bulat" telah membahas peragaan penjumlahan bilangan lingkaran memakai garis bilangan maka pada postingan kali ini akan dipaparkan peragaan pengurangan bilangan lingkaran memakai garis bilangan.


a. Pengurangan bilangan lingkaran konkret dengan bilangan lingkaran konkret

Contoh: 4 - 6 = -2

Cara penyelesaiannya adalah:

1). Dari bilangan 0, langkahkan anak panah ke arah bilangan konkret dan berhenti pada bilangan 4. Hal ini untuk menawarkan bilangan pertamanya (positif 4).



2). Karena operasi hitungnya berkenaan dengan pengurangan, dan anak panahnya sudah sesuai dengan jenis bilangan keduanya, langkahkan mundur anak panah tersebut sebanyak 6 langkah dari bilangan 4.



3). Posisi simpulan dari pangkal anak panah pada langkah 2) sempurna berada di atas bilangan -2, dan ini menawarkan hasil dari 4 – 6 = -2



b. Pengurangan bilangan lingkaran konkret dengan bilangan lingkaran negatif

Contoh: 4 - (-6) = 10

Cara penyelesaiannya adalah:

1). Dari bilangan 0, langkahkan anak panah ke arah bilangan konkret dan berhenti pada bilangan 4. Hal ini untuk menawarkan bilangan pertamanya (positif 4).



2). Karena bilangan pengurangnya merupakan bilangan negatif, maka pada bilangan 4 tersebut ujung anak panahnya harus dihadapkan kebilangan negatif.



3). Karena operasinya berkenaan dengan pengurangan, yaitu oleh bilangan negatif 6 (-6), berarti langkahkan anak panah tersebut mundur sebanyak 6 langkah dari posisi bilangan 4.



4). Posisi simpulan dari pangkal panah pada langkah 3) sempurna di atas bilangan 10, hal ini menawarkan hasil dari 4 – (-6) = 10

a. Pengurangan bilangan lingkaran negatif dengan bilangan lingkaran konkret
Contoh: (-4) - 6 = -10

Cara penyelesaiannya adalah:

1). Dari bilangan 0, langkahkan anak panah ke arah bilangan negatif dan berhenti pada bilangan -4. Hal ini untuk menawarkan bilangan pertamanya (negatif 4).



2). Karena bilangan pengurangnya merupakan bilangan positif, maka pada bilangan -4 tersebut ujung anak panahnya harus dihadapkan kebilangan positif.



3). Karena operasi hitungnya berkenaan dengan pengurangan, yaitu oleh bilangan konkret 6, berarti langkahkan anak panah tersebut mundur sebanyak 6 langkah dari posisi bilangan -4.



4). Posisi simpulan pada pangkal panah pada langkah 3) sempurna di atas bilangan -10, hal ini menawarkan hasil dari (-4) – 6 = -10

Baca Juga: Mengembangkan Pemahaman Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Koin bertanda (+) dan ( - )

b. Pengurangan bilangan lingkaran negatif dengan bilangan lingkaran negatif

Contoh: (-4) - (-6) = 2

Cara penyelesaiannya adalah:

1). Dari bilangan 0, langkahkan anak panah ke arah bilangan negatif dan berhenti pada bilangan -4. Hal ini untuk menawarkan bilangan pertamanya (negatif 4).



2). Karena operasi hitungnya berkenaan dengan pengurangan dan anak panah arahnya sudah sesuai dengan jenis bilangan yang keduanya (-6), maka anak panah tersebut dilangkahkan mundur sebanyak 6 langkah dari bilangan -4.



3). Posisi simpulan dari pangkal panah pada langkah 2) sempurna di atas bilangan 2, hal ini menawarkan hasil dari (-4) – (-6) = 2

Konsep pengurangan dua bilangan bahwa “mengurangi dengan suatu bilangan sama saja menambah dengan lawan pengurangnya” maka pada pengurangan bilangan lingkaran berlaku:

(i). Jika a, b anggota Z maka a - b = a + (- b)

(ii) a, b anggota  Z, maka (a - b) anggota  Z (Tertutup pada pengurangan bilangan bulat)

(Adinawan, 1994: 77).


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Operasi Bilangan Buat: Pengurangan Bilangan Bulat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel