Volume Bangkit Ruang: Penurunan Rumus Volume Balok/Prisma Tegak Segiempat Secara Induktif
Volume Bangun Ruang: Penurunan Rumus Volume Balok/Prisma Tegak Segiempat Secara Induktif-Untuk memperlihatkan daypikir dalam memperoleh rumus-rumus volum secarainduktif dipakai alat peraga kubus-kubus satuan. Harapannya dengan melakukanpraktek pribadi atas isyarat guru siswa hasilnya sanggup menyimpulkan sendiri bahwavolum balok yang ukuran panjang rusuk alasnya p, lebar rusuk alasnya l, dan tinggi rusuk tegaknya t adalah: V=pxlxt

Dengan sejumlah kubus satuan yang tersedia (misal sebanyak 50 kubus satuan), siswa/ kelompok siswa (sebanyak 3 orang) diminta membentuk sebuah balok memakai 8 kubus satuan. Setelah terbentuk contohnya menyerupai gambar 4a
Baca Juga
- Bangun Ruang: Berpikir Induktif Dalam Penurunan Rumus Volume Bangkit Ruang
- Volume Berdiri Ruang: Penurunan Rumus Volume Kubus, Volume Prisma Tegak Segitiga Siku-Siku, Volume Prisma Tegak Segitiga Sembarang, Volume Prisma Tegak Segibanyak (Segi-N), Volume Tabung, Volume Kerucut; Volume Bola, Dan Volume Limas Segi Banyak (Segi-N)
- Tentang Memilih Luas Tempat Trapesium
Jawaban yang diperlukan ialah tidak.Kalau tidak kemungkinan lainnya bentuknya menyerupai apa?
Kemungkinan yang lain bentuknya menyerupai pada gambar 4b berikut ini.
Langkah 2
Siswa diminta membentuk balok menyerupai gambar 4a sebanyak 3 buah. Guru menyampaikan bahwa ketiga balok itu (gambar 5a) masing-masing disebut balok satu lapis.
Langkah 3
Siswa diminta membentuk balok gres yang terdiri dari 2 lapis. Jawaban yang diperlukan ialah menyerupai gambar 5b berikut.
Kepada siswa/kelompok siswa tersebut lalu ditanyakan berapa volume balok yang kini ini? (Gb. 5a). Jawaban yang diperlukan ialah 16 (“penalarannya dari lapis pertama 8 ditambah lapis kedua 8)
Langkah 4
Siswa diminta menambah lapisannya menjadi 3 lapis.
Jawaban yang diperlukan ialah menyerupai gambar 5c berikut.
Kepada siswa/kelompok siswa tersebut lalu ditanyakan kini berapa volume
balok yang terbaru ini? Jawaban yang diperlukan ialah 24 (“penalarannya dari lapis pertama 8 ditambah lapis kedua 8 dan lapis ketiga 8 atau yang 2 lapis sebelumnya 16 ditambah lapis yang ketiga 8”)
Langkah 5
Tanyakan kepada mereka (siswa/kelompok siswa) “ jikalau banyaknya lapis ada 10 berapa volumenya, bagaimana jikalau banyaknya lapis ada 100? jikalau kita menganggap pembentukan lapisannya tak pernah runtuh.Jawaban yang diperlukan ialah 1 lapis volumenya 8 satuan 10 lapis volumenya 80 satuan, dan 100 lapis volumenya 800 satuan.
Langkah 6
Tanyakan kepada siswa berapa volume balok untuk masing-masing gambar berikut
Jawaban yang diharapkan
(a) Volumenya V = 3 x 2 x 5 = 30
(b) Volumenya V = 10 x 5 x15 = 750
(c) Volumenya V = p x lxt.
Terakhir guru memperlihatkan penguatan bahwa volume balok yang ukuran rusuk-rusuk
alasnya p dan l sedangkan tingginya t ialah V = p x lxt.. Selanjutnya alasannya p x ladalah luas bantalan balok/prisma tegak, maka rumus (1) di atas sama dengan bila ditulis dalam bentuk
V = Axt dengan A = p xl …. (2)
A = luas bantalan balok dan t = tinggi balok
Sumber: MARSUDI RAHARJO. (2009) GEOMETRI RUANG.DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PMPTK). YOGYAKARTA: PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (P4TK) MATEMATIKA
0 Response to "Volume Bangkit Ruang: Penurunan Rumus Volume Balok/Prisma Tegak Segiempat Secara Induktif"
Post a Comment