-->

Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia Menurut Teladan Pemukiman

Kegiatan ekonomi suatu kegiatan yang dilakukan insan untuk menerima barang ataupun jasa tertentu sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan ekonomi juga sanggup dikatakan sebagai kegiatan untuk mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. Kegiatan ekonomi sanggup diartikan juga sebagai cara untuk mencapai tujuan, dalam hal ini barang dan jasa. Jadi, sanggup dikatakan bahwa kegiatan ekonomi mempunyai tujuan untuk kemakmuran hidup individu. Bentuk kegiatan ekonomi masyarakat di beberapa bidang sanggup dipelajari pada artikel sebelumnya :
https://ngelmu01.blogspot.com//search?q=kegiatan-ekonomi-masyarakat-indonesia

Apa yang dimaksud dengan pemukiman ? Pemukiman merupakan kumpulan tempat tinggal insan di suatu daerah tertentu. Masyarakat biasanya membangun perumahan-perumahan yang saling berdekatan satu sama lain, lantaran contoh interaksi insan sebagai makhluk sosial. Pola-pola pemukiman di setiap wilayah biasanya mempunyai ciri tersendiri lantaran pemukiman-pemukiman yang dibangun oleh penduduk di suatu daerah akan sangat tergantung kepada kondisi lingkungan di daerah tersebut.

Kegiatan ekonomi masyarakat indonesia menurut contoh pemukiman

Secara umum, terdapat tiga contoh pemukiman yang banyak dijumpai di Indonesia dan negara-negara lainnya di dunia, pola-pola tersebut ialah contoh memanjang (linier), contoh terpusat (nucleated), dan contoh tersebar (dispersed).

1. Pola Memanjang (Linier)
Pola memanjang pemukiman penduduk dikatakan linier jikalau rumah-rumah yang dibangun membentuk contoh berderet-deret sampai panjang. Pola memanjang umumnya ditemukan pada daerah pemukiman yang berada di tepi sungai, jalan raya, atau garis pantai. Pola memanjang sanggup terbentuk lantaran kondisi lahan di daerah tersebut memang menuntut adanya contoh ini. Sungai, jalan, maupun garis pantai memanjang dari satu titik tertentu ke titik lainnya, sehingga masyarakat yang tinggal di daerah tersebut pun membangun rumah-rumah mereka dengan beradaptasi pada keadaan tersebut.

a. Pola Pemukiman Linier di Sepanjang Alur Sungai
Pola ini terbentuk lantaran sungai merupakan sumber air yang melimpah dan sangat diharapkan oleh insan untuk aneka macam keperluan, contohnya sumber air dan sarana transportasi. Pemukiman penduduk di sepanjang alur sungai biasanya terbentuk di sisi kanan dan kiri sungai dan memanjang dari hulu sampai ke hilir. Di Indonesia, contoh pemukiman linier banyak ditemukan di sepanjang sungai-sungai besar, menyerupai Sungai Musi di Sumatra dan Sungai Mahakam di Kalimantan.

Kegiatan ekonomi suatu kegiatan yang dilakukan insan untuk menerima barang ataupun jasa  Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia menurut Pola Pemukiman
Pola Pemukiman Linier di Sepanjang Alur Sungai

b. Pola Pemukiman Linier di Sepanjang Jalan Raya
Perkembangan kemajuan zaman memicu munculnya banyak jalan raya sebagai sarana transportasi yang lebih cepat dan praktis. Jalan raya yang ramai membantu pertumbuhan ekonomi peduduk yang tinggal di sekitarnya untuk membangun pemukiman di sepanjang jalan raya. Pola pemukiman linier di sepanjang jalan raya sanggup ditemukan di hampir seluruh kota di Indonesia.

c. Pola Pemukiman Linier di Sepanjang Rel Kereta Api
Pola pemukiman linier di sepanjang rel kereta api biasanya hanya terkonsentrasi di sekitar stasiun kereta api yang ramai dikunjungi orang. Rel kereta api dan stasiun kereta api merupakan sarana vital yang bisa menghubungkan aneka macam tempat yang berjauhan, sehingga sangat banyak dikunjungi dan menarik untuk ditinggali. Pola pemukiman linier di sepanjang rel kereta api lazim ditemukan di Pulau Jawa saja.

d. Pola Pemukiman Linier di Sepanjang Pantai
Pola pemukiman ini biasanya dibangun oleh penduduk yang mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. Pola pemukiman linier di sepanjang pantai sanggup ditemukan di aneka macam daerah pantai dan desa-desa nelayan di Indonesia.

2. Pola Terpusat (Nucleated)

Pola terpusat merupakan contoh pemukiman penduduk di mana rumah-rumah yang dibangun memusat pada satu titik. Pola terpusat umumnya ditemukan pada daerah pemukiman di desa-desa yang terletak di daerah pegunungan. Pola ini biasanya dibangun oleh penduduk yang masih satu keturunan.
Kegiatan ekonomi suatu kegiatan yang dilakukan insan untuk menerima barang ataupun jasa  Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia menurut Pola Pemukiman
Pola pemukiman memusat

3. Pola Tersebar (Dispersed)

Pada contoh tersebar, penduduk membangun rumah-rumah mereka di daerah luas dan bertanah kering yang menyebar dan agak renggang satu sama lain. Pola tersebar umumnya ditemukan pada daerah luas yang bertanah kering. Pola ini sanggup terbentuk lantaran penduduk mencoba untuk bermukim di akrab suatu sumber air, terutama air tanah, sehingga rumah dibangun pada titik-titik yang mempunyai sumber air bagus.
Dalam persebarannya, penduduk biasanya membangun rumah di kawasan-kawasan yang sanggup menunjang kegiatan kesehariannya, terutama kegiatan yang menunjang ekonomi mereka. Oleh lantaran beragamnya pencaharian masyarakat, maka pemukiman-pemukiman penduduk di Indonesia pun tersebar pada kawasan-kawasan tertentu.
Tidak meratanya persebaran pemukiman penduduk salah satunya disebabkan oleh perekonomian masyarakat. Sejak zaman dahulu, Jawa telah menjadi pusat pemerataan perdagangan di daerah Asia Tenggara. Akibatnya, penduduk banyak berdatangan ke Pulau Jawa untuk mencari barang dan pekerjaan lantaran mengharapkan kehidupan yang lebih baik. Padahal, kawasan-kawasan lain di Indonesia pun mempunyai potensi yang besar untuk pengembangan ekonomi. Oleh alasannya ialah itulah pemerintah Indonesia semenjak dahulu menggalakkan kegiatan transmigrasi untuk menggali potensi di daerah luar jawa sekaligus untuk mengoptimalkan pemerataan persebaran penduduk Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia Menurut Teladan Pemukiman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel