-->

Pengertian, dan Macam-Macam Seni Beserta 6 Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, dan Macam-Macam Seni Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap - Tanpa adanya seni didunia ini, hidup tidak berwarna dalam kehidupan yang ada dibumi. Berbicara kata seni, Disini akan mengulas tuntas perihal seni secara lengkap. Oleh alasannya ialah itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

Macam Seni Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap Pengertian, dan Macam-Macam Seni Beserta 6 Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Seni 

Kata seni berasal dari kata sanskerta yaitu seni yang artinya pemujaan, persembahan dan pelayanan yang dekat dengan sebuah upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Padmapusphita seni berasal dari bahasa Belanda genie dalam bahasa latin yaitu disebut dengan genius yang artinya kemampuan luar biasa dibawa semenjak lahir. Sedangkan menurut Ilmu Eropa bahwa seni berasal dari kata art yang artinya artivisual yakni sebuah media yang melaksanakan suatu kegiatan tertentu. 

Seni ialah segala sesuatu yang diciptakan insan yang mengandung sebuah unsur keindahan dan bisa membangkitkan sebuah perasaan orang lain

Pengertian Seni Menurut Para Ahli 

Aristoteles – Mengemukakan bahwa seni merupakan tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.
 
1. Alexander Baum Garton 
Menurut Alexander Baum Garton menyatakan bahwa Seni ialah segala bentuk keindahan yang mempunyai suatu tujuan positif untuk menimbulkan sih penikmat seni merasa bahagia.
 
2. Immanuel Kant 
Menurut Immanuel Kant menyatakan bahwa seni ialah suatu bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari sebuah kenyataan & seni itu ialah menggandakan alam.
 
3. Leo Tolstoy
Menurut Leo Tolstoy menyatakan bahwa Seni ialah suatu harapan alasannya ialah rumus – rumus tidak bisa mengikhtiarkan sebuah kenyataan.
 
4. Plato dan Rousseau 
Menurut Plato dan Rousseau menyatakan bahwa Seni ialah sebuah hasil dari peniruan alam dari banyak sekali seginya.
 
5. Erik Ariyanto
Menurut Erik Ariyanto Seni ialah suatu kegiatan rohani yang di refleksikan kedalam sebuah  bentuk karya, yang bisa membangkitkan sebuah perasaan senang dan bahagia orang lain yang melihat maupun yang mendengarnya.

6. Ahdian Karta Miharja 
Menurut Ahdian Karta Miharja menyatakan bahwa Seni ialah segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan suatu kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya mempunyai daya untuk membangkitkan suatu keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.
 
7. Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art 
Menurut Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art menyatakan bahwa seni pada awalnya ialah suatu proses dari diri manusia, yang sehingga seni itu merupakan sinonim daripada ilmu. Seni bisa dilihat melalui intisari ekspresi dari  banyak sekali suatu kreatifitas manusia.
 
8. Drs. Popo Iskandar 
Menurut Drs. Popo Iskandar menyatakan bahwa Seni ialah suatu hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan suatu kesengajaan dan kesadaran hidup bermasyarakat.
 
9. Chatrin Muler 
Menurut Chatrin Muler menyatakan bahwa Seni ialah sesuatu yang bekerjasama dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari sebuah unsur rasa.

10. Ki Hajar Dewantara 
Menurut Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa seni ialah suatu hasil dari keindahan yang bisa menggerakkan suatu perasaan seseorang perihal keindahan bagi yang melihatnya. Oleh karenanya, perbuatan insan bisa mensugesti dalam menumbuhkan sebuah perasaan yang cantik itulah seni.

11. Sartono Kartodirdjo 
Menurut Sartono Kartodirdjo Seni ialah sebuah sistem yang koheren, alasannya ialah bisa menjalankan sebuah komunikasi yang secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menyampaikan secara universal.

Macam-Macam Seni 

1. Seni Rupa
Seni rupa yaitu salah satu cabang kesenian dimana mempunyai wujud pasti dan memanfaatkan unsur rupa yang diklasifikasikan ke dalam sebuah bentuk gambar, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.  Seni rupa meliputi kemampuan dalam memahami, dan berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat patung, kemampuan memahami dan berkarya grafis, kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan, serta kemampuan dalam memahami dan berkarya atau membuat sarana mulltimedia. Seni rupa telah ada semenjak dimulai zaman animisme dan dinamisme zaman sekarang. Seni rupa secara performatif mempresentasikan suatu wujud kasat mata yang dipertimbangkan secara sinergis melalui media sebagai dasar dalam perwujudan rupa.

2. Seni Teater
Seni teater pada dasarnya mencakup suatu kemampuan memahami dan berkarya teater, kemampuan memahami dan membuat naskah, kemampuan dalam memahami berperan di bidang casting kemampuan dalam memahami dan membuat setting atau suatu tata teknik pentas panggung dan penciptaan suasananya sebagai perangkat perhiasan dalam membidangi suatu seni teater. Seni teater ialah suatu bab dari integral kesenian bermedia ungkap bunyi dalam wujud pemeranan. Cara atau teknik ini lebih mengutamakan terciptanya suatu casting, pembawaan, diksi, intonasi, pengaturan, laring, dan faring secara konsisten yaitu bab penting dalam penjelmaan suatu profesi yang harus dimiliki.

3. Seni Musik
Unsur bunyi merupakan salah satu unsur utama dari seni musik. Sedangkan unsur lain ialah suatu bentuk harmoni, melodi, dan notasi musik merupakan suatu wujud sarana yang diajarkan. Seni musik tumbuh dan berkembang semenjak pada zaman Renaissance hingga ketika ini. Seni musik ialah sebuah hasil ciptaan insan yang menghasilkan sebuah bunyi ritme dan harmoni yang cantik bagi pendengar.

4. Seni Tari
Seni tari ialah suatu hasil ciptaan insan yang menggunakan suatu gerak badan sebagai suatu keindahan. Gerak dalam tari mempunyai fungsi sebagai media mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreogragfer. Keindahan tari ini terletak pada kebahagian, kepuasaan, baik itu dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton. Seni tari terbagi menjadi tari tradisional dan tari garapan.

5. Seni Sastra
Seni sastra ialah suatu hasil daya kreasi insan yang dinikmat segi visual dan dari makna yang dipunyai nya. Seni sastra menggambarkan suatu keindahan dalam bentuk kata-kata, baik itu dituliskan ataupun disuarakan.Contohnya seni sastra yaitu puisi, tulisan, dan kaligrafi. 

Fungsi Seni

1. Fungsi Individual
Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis yaitu emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi pemenuhan kebutuhan seni secara fisik dan psikis/emosional.
  • Fisik, Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang bekerjasama dengan fisik, menyerupai busana, perabotan, rumah, dan sebagainya. Contohnyanya : music pengiring senam.
  • Emosional, Dipenuhi melalui seni murni, baik dari segi pembuat/pengubah, maupun konsumen penikmat. Contohnya: lukisan, novel, music, tari, film dan sebagainya.
2. Fungsi social 
Fungsi social yang artinya bisa dinikmati dan bermanfaat bagi suatu kepentingan orang banyak dalam waktu relative bersamaan. Fungsi social ini di kelompokan menjadi beberapa bidang. yaitu :
  • Rekreasi/hiburan, Seni ini bisa dijadikan sarana melepas sebuah kejenuhan atau mengurangi kesedihan. Hal ini bisa terjadi misalnya pada ketika kita menyaksikan music, tarian, film, dan lawak.
  • Komunikasi, Seni bisa digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu, menyerupai pesan, kritik, kebijakan, gagasan, dan produk kepada orang banyak, contohnya: lagu, balada, poster, drama komedi dan reklame.
  • Pendidikan, Pendidikan juga di memanfaatkan seni sebagai sebuah sarana penunjangan, contohnya: gambar, ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah, documenter, poster ilmiah, dan foto.
  • Religi/keagamaan, Karya seni bisa dijadikan ciri atau pesan keagamaan, contohnya: kaligrafi, busana muslim, dekorasi rumah ibadah, dan lagu-lagu rohani.  
Seni mempunyai banyak manfaat bagi manusia, seni bukan hanya cantik dipandang, Tetapi juga bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya yaitu seni terapan.

Itulah ulasan perihal Pengertian, dan Macam-Macam Seni Beserta 6 Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, dan Macam-Macam Seni Beserta 6 Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel