-->

Medan Magnet Secara Lengkap


Medan Magnet Secara Lengkap-. Kemagnetan mirip halnya kelistrikan, tidak dapat dilihat , tetapi efeknya dapat dilihat dan dirasakan. Magnet dapat menarik beberapa logam, mirip besi dan baja. Zat yang mengandung besi, mirip serbuk besi, akan tertarik pada magnet batang dan berjajar untuk memperlihatkan arah garis gaya dari medan magnet tersebut.


Pengertian Medan Magnet

Di sekitar magnet selalu ada medan magnet. Medan magnet yaitu ruang disekitar magnet yang masih dirasakan adanya gaya magnet. Medan magnet dapat digambarkan oleh garis - garis medan magnet. Di sekitar magnet tetap, arah garis - garis medan selalu keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan magnet. Arah medan magnet pada suatu titik didefinisikan sama dengan kutub utara jarum kompas ketika kompas ditempatkan di titik tersebut dan selalu menyinggung garis medan dititik itu.




Medan Magnet

1. Medan Magnet Oleh Arus Listrik

Hubungan kelistrikan dan kemagnetan kali pertama ditemukan oleh Hans Christian Oersted (1777-1851). Oersted menemukan bahwa ketika kompas diletakkan erat dengan kawat penghantar, jarum kompas segera menyimpang dari arah semula dikala kawat dihubungkan dengan baterai dan arus listrik mengalir. Seperti telah anda ketahui, jarum kompas dapat menyimpang ketika berada dalam medan magnet. Oersted menyimpulkan bahwa arus listrik menghasilkan medan magnet.
Medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik disebut medan magnet induksi. Garis - garis gaya magnet oleh arus listrik selalu melingkari kawat, dengan kawat sebagai sumbu lingkaran. Arah medan magnet disuatu titik searah dengan orientasi garis - garis gaya dan selalu menyinggung bulat garis - garis gaya.

2. Medan Magnet Oleh Arus Listrik Pada Kawat Lurus Panjang

Besarnya medan magnet disekitar kawat lurus panjang berarus listrik disebabkan oleh besarnya besar lengan berkuasa arus listrik dan jarak titik tinjauan terhadap kawat. Semakin besar besar lengan berkuasa arus semakin besar besar lengan berkuasa medan magnetnya, maka sebaliknya semakin jauh jaraknya terhadap kawat semakin kecil besar lengan berkuasa medan magnetnya. Besar medan magnet induksi pada suatu titik yang berjarak a dari kawat dinyatakan oleh :


 B   = Besar medan magnet (tesla, T)
 Î¼o = Permeabilitas ruang hampa / 4Ï€ x 10-7 Wb/Am
 I   = Kuat arus listrik dalam (ampere, A)
 a   = Jarak titik ke kawat (m)

Satuan medan magnet dalam SI yaitu tesla (T)




  " Untuk Jumlah N lilitan"



Arah gaya magnet bergantung pada arah arus listrik dan arah medan magnet. Arah gaya magnet dapat ditunjukkan oleh kaidah tangan kanan.
Jika telapak tangan kananmu dibuka, keempat jarimu memperlihatkan arah medan magnet, ibu jari memperlihatkan arah arus listrik, dan arah tegak lurus telapak tangan memperlihatkan arah gaya magnet.

Besarnya gaya magnet tergantung pada besar besar lengan berkuasa arus listrik, besar medan magnet dan panjang penghantar. Jika kau ingin memperbesar gaya magnet, kau dapat melakukannya dengan cara berikut ini :
  • Memperbesar besar lengan berkuasa arus listrik. 
  • Memperbesar medan magnet. 
  • Memperpanjang kawat penghantar.

Kaidah ajudan faradai digunakan untuk menentukan arah arus induksi elektromagnetik. Pada tahun 1831, seorang ilmuwan Inggris berjulukan Michael Faraday menemukan bahwa fatwa listrik dapat tercipta pada kumparan kawat ketika dilewatkan atau digerakan dibawah pengaruh medan magnet. Faraday menamakan arus ini arus induksi. Jumlah arus induksi menjadi dua kali lebih banyak jikalau lilitan kumparan atau kekuatan medan magnet digandakan.

Kaidah ajudan faraday digunakan untuk menentukan arah arus induksi. Caranya hampir mirip cara menentukan arah gaya Lorentz yaitu :
  • Ibu jari memperlihatkan arah gerakan kawat penghantar 
  • Jari-jari memperlihatkan arah medan magnet 
  • Arah arus ditunjukkan oleh arah telapak tangan
 


Ibu Jari = arah arus listrik
Jari Telunjuk = arah medan magnet
Jari Tengah = arah gaya lorentz













3. Medan Magnet Oleh Arus Listrik Pada Kawat Melingkar

Besar dan arah medan magnet disumbu kawat melingkar berarus listrik dapat ditentukan dengan rumus :
BP = Induksi magnet di P pada sumbu kawat melingkar dalam tesla (T)
I = besar lengan berkuasa arus pada kawat dalam ampere (A)
a = jari-jari kawat melingkar dalam meter (m)
r = jarak P ke bulat kawat dalam meter (m)
θ = sudut antara sumbu kawat dan garis hubung P ke titik pada bulat kawat dalam derajad (°)
x = jarak titik P ke sentra bulat dalam mater (m) 
Besarnya medan magnet di sentra kawat melingkar dapat dihitung dengan :
4. Medan Magnet Oleh Arus Listrik Pada Solenoida Dan Toroida

Solenoida yaitu kumparan kawat yang terdiri atas banyak lilitan. Medan magnet di dalam solenoida merupakan resultan medan magnet yang dihasilkan oleh setiap lilitan.
 Toroida yaitu solenoida yang melingkar.

Medan magnet yang dihasilkan solenoida cukup besar. Solenoida bertindak mirip sebuah magnet. Jika ke dalam solenoida dimasukkan inti besi, medan magnetnya akan menjadi lebih besar. Solenoida dengan inti besi didalamnya disebut elektromagnet. Setiap ujung elektromagnet akan menjadi kutub U dan kutub S. Elektromagnet banyak digunakan dalam peralatan elektrik misalnya bel listrik, relay, telepon dan telegraf.

Itulah ulasan mengenai Medan Magnet Secara Lengkap-. Semoga apa yang telah diulas diatas dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terima kasih.



Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :
 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Medan Magnet Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel