-->

Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contohnya Menurut Ahli Fisika Lengkap

Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contohnya Menurut Ahli Fisika Lengkap - Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan gaya berat. Misalnya pada dikala menimbang barang kita menggunakan gaya berat. Untuk lebih jelasnya mengenai gaya berat. Pada kesempatan kali ini akan membahas ihwal pengertian gaya berat, rumus gaya berat, dan rujukan gaya berat. Untuk itu marialh simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Gaya Berat

Di dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi salah dalam penafsiran istilah berat dan massa.
 
Dalam fisika, berat dari suatu benda merupakan suatu gaya yang disebabkan oleh gravitasi berkaitan dengan massa benda tersebut. Massa benda merupakan tetap di mana-mana, namun berat suatu benda akan berubah-ubah sesuai dengan besarnya percepatan gravitasi di tempat tersebut.

Massa suatu benda yaitu banyaknya partikel yang terdapat dalam benda. Massa benda sifatnya tetap, artinya tidak dipengaruhi oleh gravitasi.

Sedangkan pada berat benda menyatakan besarnya gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut. Karena berat yaitu suatu gaya maka berat benda mampu diukur dengan menggunakan neraca pegas.

Massa benda besarnya sama di mana pun pengukuran massa dilakukan, sedangkan berat benda berubah tergantung letaknya. Hal ini diakibatkan besar percepatan gravitasi di setiap tempat tidak sama, tergantung jaraknya dari sentra bumi.

Berat benda di kawasan kutub akan lebih besar dibandingkan berat benda di khatulistiwa. Hal ini dikarenakan jarak kutub lebih akrab ke sentra bumi jikalau dibandingkan dengan khatulistiwa. 

Rumus Gaya Berat

Dengan demikian, berat suatu benda berubah tergantung letaknya dari sentra bumi. Setiap benda yang ada di bumi mempunyai berat. Berat benda secara matematis mampu dirumuskan sebagai berikut ini :

 Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contohnya Menurut Ahli Fisika Lengkap  Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contohnya Menurut Ahli Fisika Lengkap


w = m.g

Keterangan:
w : berat benda (N)
m : massa benda (kg)
g : gravitasi bumi (m/s2)

Contoh Soal Gaya Berat 

Sebuah dingklik bermassa 5 kg terletak di atas lantai. Berapakah berat dingklik jikalau percepatan gravitasi di tempat itu 9,7 m/s2?

Penyelesaian:

Diketahui:
m = 5 kg
g = 9,9 m/s2

Ditanyakan: w = . . .?

Jawab:
w = m • g
w = 5 • 9,9
w = 49,5 N
Jadi, berat dingklik tersebut yaitu 49,5 N.

Itulah ulasan ihwal Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contohnya Menurut Ahli Fisika Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contohnya Menurut Ahli Fisika Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel