-->

Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, Tujuan, dan Fungsi Organisasi Beserta 10 Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, Struktur, Tujuan, dan Fungsi Organisasi Beserta Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap - Semua pasti sudah mencicipi organisasi, Sewaktu di sekolah pasti anda semua pernah mengikuti kegiatan organisasi, salah satu nya organisasi osis. Nah untuk mengetahui lebih lengkapnya wacana apa itu organisasi. Disini akan mengulas wacana organisasi. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


Pengertian Organisasi 

Organisasi  yaitu suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan secara terperinci pengertian organisasi yaitu sebagai daerah atau wadah untuk orang berkumpul dan berkerja sama dengan secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan suatu sumber daya baik uang, metode, material, dan lingkungan, dan sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisen dan efektif untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli 

1. Drs. Malayu S.P Hasibuan
Menurut Drs. Malayu S.P Hasibuan menyatakan bahwa organisasi yaitu suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari suatu kelompok yang bekerja sama dalam mencapai sebuah tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan sebuah alat dan wadah saja.

2. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro
Menurut Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro menyatakan bahwa organisasi yaitu suatu struktur pembagian kerja dan struktur tata kekerabatan kerja antara suatu kelompok orang pemegang posisi yang berafiliasi dengan secara tertentu untuk bantu-membantu mencapai suatu tujuan tertentu.

3. James D Mooney
Menurut James D Mooney menyatakan bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi yaitu setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.

4. Chester L Bernard (1938)
Menurut Chester L Bernard (1938)  menyatakan bahwa Organisasi yaitu sebuah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama mempunyai visi dan misi yang sama.
5. Paul Preston dan Thomas Zimmerer
Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer menyatakan bahwa Organisasi yaitu suatu kumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang berafiliasi untuk mencapai suatu tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).
6. Stoner
Menurut Stoner  menyatakan bahwa organisasi yaitu suatu teladan hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan sebuah atasan mengejar suatu tujuan bersama.

7. Chester I. Bernard
Menurut Chester I. Bernard  menyatakan bahwa organisasi yaitu sebuah sistem acara kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

8. Stephen P. Robbins
Menurut Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi yaitu kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan suatu batasan yang relatif bisa diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

9. Janu Murdiyamoko & Citra Handayani
Menurut Janu Murdiyamoko & Citra Handayani menyatakan bahwa Organisasi yaitu suatu sistem sosial yang memiliki sebuah identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas, prosedur dan cara kerja, serta daftar anggota yang secara terperinci.

10. Max Weber
Menurut Max Weber menyatakan bahwa Organisasi yaitu sebuah kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.


Ciri-Ciri Organisasi

  • Didalamnya mempunyai tujuan dan sasaran dalam mencapai tujuan
  • Mempunyai suatu komponen yaitu atasan dan bawahan
  • Adanya kerja sama yang terstruktur
  • Mempunyai pendegelasian wewenang dan sebuah koordinasi tugas-tugas. 
  • Mempunyai sebuah keterikatan format dan tatat tertip yang harus ditaati.

Unsur-Unsur Organisasi

  • Man, yaitu salah satu unsur utama dalam pembentuk organisasi yang disebut dengan personil atau anggota yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas sebuah unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers). Setiap hal tersebut yaitu suatu kekuatan organisasi.
  • Kerja Sama, yaitu salah satu unsur organisasi yang dimana setiap anggota atau personil melaksanakan suatu perbuatan secara bantu-membantu untuk tujuan bersama.
  • Tujuan Bersama, yaitu sebuah Sasaran yang ingin dicapai/ diperlukan baik dari prosedur, program, teladan atau titik simpulan dari suatu pekerjaan organisasi tersebut.
  • Peralatan (Equipment), yaitu suatu sarana dan prasarana yang berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung, kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.
  • Lingkungan (Environment), yaitu salah satu unsur organisasi yang juga mempunyai pengaruh. Faktor tersebut yaitu ekonomi, sosial budaya, strategi, kebijaksanaan. anggaran, dan suatu peraturan yang telah ditetapkan.
  • Kekayaan Alam, yang termasuk dengan kekayaan alam yaitu air, cuaca, keadaan iklim, flora dan fauna.
  • Kerangka/Kontruksi Mental Organisasi, yaitu sebuah landasan dari organisasi yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat.
 

Tujuan Organisasi

  • Mengatasi terbatasnya kemampuan, kemandirian dan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai suatu tujuan.
  • Untuk mencapai tujuan secara lebih efektif dan efesien sebab dilakukan bersama-sama.
  • Untuk membuatkan sumber daya dan tekhnologi bersama-sama.
  • Tempat untuk menerima sebuah jabatan dan pembagian kerja.
  • Tempat untuk mengelola lingkungan secara bersama-sama.
  • Tempat untuk mencari keuntungan bersama-sama.
  • Tempat untuk menggunakan kekuasaan dan pengawasan (motif kekuasaan).
  • Tempat untuk menerima suatu penghargaan (motif penghargaan)
  • Tempat untuk menambah pergaulan dalam lingkungan.

Fungsi Organisasi

  • Untuk menunjukkan kode dan pemusatan suatu kegiatan organisasi, dalam mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh sebuah organisasi.
  • Untuk meningkatkan kemampuan suatu anggota organsasi dalam menerima sebuah sumber daya dan santunan dari suatu lingkungan masyarakat.
  • Bisa menunjukkan sebuah pengetahuan yang gres kepada anggotanya.

Manfaat Organisasi

  • Tercapainya sebuah tujuan dalam mencapai tujuan
  • Melatih mental dalam berbicara di publik
  • Mudah dalam memecahkan suatu duduk perkara
  • Melatih leadership dalam kehidupan ataupun didunia kerja
  • Dapat memperluas pergaulan dalam hidup
  • Kuat dalam menghadapi sebuah tekanan
  • Meningkatkan dalam wawasan dan pengetahuan
  • Membentuk suatu karakteristik dengan seseorang
  • Mampu dalam mengatur waktu dengan baik
  • Sebagai ajang dalam sebuah pembelajaran kerja yang sebetulnya
Didalam dunia kerja akan pasti akan membutuhkan sebuah organisasi untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Itulah ulasan wacana Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, Tujuan, dan Fungsi Organisasi Beserta 10 Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap . Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur, Tujuan, dan Fungsi Organisasi Beserta 10 Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel