-->

Pengertian, Metode, Tujuan, dan 7 Jenis Wawancara Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, Jenis, dan Metode Wawancara Beserta Tujuannya Menurut Para Ahli Terlengkap - Saat anda melamar kerja, pasti ada yang nama nya tes wawancara. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas wacana apa itu wawancara secara lengkap. Oleh alasannya ialah itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

 dan Metode Wawancara Beserta Tujuannya Menurut Para Ahli Terlengkap  Pengertian, Metode, Tujuan, dan 7 Jenis Wawancara Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Wawancara

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Wawancara ialah suatu acara tanya jawab yang dilakukan oleh seorang pewawancara sebagai penanya dan narasumber sebagai orang yang ditanya. Kegiatan ini dilakukan untuk mencari sebuah informasi, meminta keterangan, atau menanyai pendapat wacana suatu permasalahan kepada seseorang. Dengan kata lain, mampu disimpulkan bahwa wawancara ialah suatu acara menggali informasi dari narasumber dengan cara tanya jawab.

Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli

1. Denzig
Menurut Denzig menyatakan bahwa Wawancara ialah suatu acara yang dipandu dan rekaman pembicaraan atau tatap muka suatu percakapan yang di mana seseorang mendapat informasi dari orang lain.

2. Charles Stewart dan W.B. Cash
Menurut Charles dan Cash menyatakan bahwa Wawancara ialah suatu proses komunikasi dipasangkan dengan sebuah tujuan serius dan telah ditentukan dirancang untuk bertukar perilaku dan melibatkan tanya jawab.
 
3. Robert Kahn dan Channel 
Menurut Robert dan Channel menyatakan bahwa Wawancara ialah suatu teladan khusus dari sebuah interaksi yang dimulai secara ekspresi untuk suatu tujuan tertentu, dan difokuskan pada kawasan konten yang spesifik, dengan suatu proses eliminasi dari bahan-bahan yang tidak ada hubungannya secara berkelanjutan.
 
4. Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat menyatakan bahwa Wawancara ialah suatu cara yang digunakan untuk peran tertentu, mencoba untuk menerima sebuah informasi dan secara ekspresi pembentukan responden, untuk berkomunikasi secara tatap muka.
 
5. Lexy J. Moleong
Menurut Lexy menyatakan bahwa Wawancara ialah suatu percakapan dengan tujuan tertentu. dalam percakapan itu dilakukan oleh dua pihak, yakni pewawancara (yang mengajukan pertanyaan) dan diwawancarai (yang menunjukkan sebuah tanggapan atas pertanyaan itu).

Jenis-Jenis Wawancara

Ada beberapa macam acara wawancara yang dikelompokan yang berdasarkan cara pelaksanaannya, yakni wawancara tertutup, terbuka, konferensi, kelompok, individual, terpimpin, bebas. Berikut ini ialah penjelasan mengenai jenis - jenis wawancara tersebut.

1. Wawancara Tertutup
Wawancara tertutup ialah suatu acara wawancara yang dilakukan dengan cara tertutup. Pada Pewawancara harus menjaga atau merahasiakan nama maupun sebuah informasi mengenai narasumbernya dengan cara menggandakan atau memberi sebuah inisial nama narasumber. Wawancara tertutup ini mampu juga diartikan sebagai wawancara yang suatu pertanyaan – pertanyaannya terbatas dan telah tersedia jawabannya yang berupa pilihan. 
Contohnya : Wawancara yang menggunakan sebuah lembar questionnaire.

2. Wawancara terbuka
Wawancara terbuka ialah sebuah wawancara yang dilakukan dengan tidak merahasiakan sebuah informasi yang mengenai narasumbernya dan juga mempunyai pertanyaan – pertanyaan yang tidak terbatas atau tidak terikat jawabannya.  
Contohnya : wawancara yang meminta narasumber untuk menunjukkan suatu penjelasan lengkap yang mengenai suatu hal.

3. Wawancara konferensi
Wawancara konferensi ialah sebuah wawancara yang dilakukan oleh seorang pewawancara dengan sejumlah narasumber dan sebaliknya.  
Contohnya : wawancara yang dilakukan di sebuah program – program televisi atau talk show, wawancara yang dilakukan oleh seorang pewawancara kepada sejumlah narasumber di program formal atu diskusi publik, dan Wawancara jarak jauh (teleconference) yang banyak dilakukan di sebuah program – program berita.

4. Wawancara Kelompok
Wawancara kelompok ialah sebuah wawancara yang dilakukan oleh sejumlah pewawancara kepada suatu narasumber dan dilaksanakan pada waktu yang bersamaan. Hal ini hampir sama dengan wawancara konferensi, tetapi pada wawancara kelompok suatu pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh setiap pewawancara berbeda – beda.  
Contohnya : wawancara kepada seorang artis, pejabat, atau group band yang berprestasi atau sedang terkena skandal.

5. Wawancara Individual
Wawancara Individual ialah sebuah wawancara yang dilakukan oleh seorang wawancara dengan seorang narasumber. Wawancara ini juga disebut dengan wawancara perorangan.  
Contohnya : wawancara yang dilakukan oleh wartawan dalam mencari berita.

6. Wawancara Terpimpin
Wawancara ini disebut juga dengan wawancara terstruktur. Wawancara jenis ini biasanya menggunakan beberapa sebuah pertanyaan yang telah disiapakan sebelumnya baik oleh sih pewawancara maupun sih narasumbernya. 
Contohnya : wawancara yang sering terjadi di program – program talk show bertemakan khsusus kepada narasumber menyerupai dokter, polisi, guru, dan lain – lain.

7. Wawancara Bebas
Wawancara bebas ialah salah satu jenis wawancara yang pertanyaannya tidak dipersiapkan terlebih dahulu. Dengan kata lain dalam wawancara ini terjadi secara spontan bergantung dengan suasana dan keadaan dikala acara wawancara berlangsung. Wawancara ini sering disebut juga dengan wawancara tidak berstruktur. 

Metode Wawancara

Untuk menerima sebuah informasi, ada beberapa metode yang digunakan oleh pewawancara dikala mengadakan sebuah wawancara. yaitu sebagi berikut :

1. Mencatat 
Para pewawancara biasanya menyiapkan sebuah buku dan pulpen untuk mencatat sebuah tanggapan – tanggapan dari narasumber. Ketika dalam mencatat tanggapan tersebut, pewawancara akan menulisnya dengan sangat cepat dengan cara hanya menuliskan point – pointnya saja. Karena jikalau tidak, mereka tidak akan mendapat sebuah informasi yang telah diungkapkan oleh narasumbernya. Setelah menerima sebuah catatan hasil wawancara, barulah catatan itu dikembangkan dengan menggunakan suatu goresan pena yang baik dan informative.

2. Merekam / Recording 
Pewawancara akan membutuhkan sebuah alat yang berupa perekam suara. Alat ini digunakan untuk merekam sebuah tanggapan – tanggapan yang diberikan dari narasumber, sehingga mereka tidak akan kehilangan sebuah informasi sedikitpun. Setelah menerima sebuah rekaman, pewawancara akan menulis transkip tanya jawab tersebut dan menjadikannya sebuah goresan pena berita.  

Tujuan Wawancara

  • Wawancara bertujuan Untuk menerima sebuah data dari tangan pertama (primer).
  • Wawancara bertujuan sebagai komplemen sebuah teknik pengumpulan lainnya.
  • dan terakhir wawancara bertujuan Untuk menguji hasil pengumpulan data lainnya.

Didalam mengumpulkan sebuah informasi akan membutuhkan yang nama nya wawancara untuk menerima sebuah informasi yang kita inginkan. 

Itulah ulasan tentang  Pengertian, Metode, Tujuan, dan 7 Jenis Wawancara Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Metode, Tujuan, dan 7 Jenis Wawancara Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel