-->

Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap

Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap - Telinga merupakan salah satu alat indera insan yang berfungsi untuk mendengar. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas perihal Telinga secara lengkap. Oleh alasannya itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.


Pengertian Telinga 

Telinga yaitu suatu Organ badan insan yang mempunyai fungsi sebagai indra pendengaran dan organ yang menjaga keseimbangan pada badan manusia. Telinga yaitu suatu organ yang berperan terhadap pendengaran kita akan bunyi atau bunyi, hal ini mampu terjadi alasannya indera pendengaran mempunyai reseptor khusus yang fungsinya untuk mengenali getaran suara. Namun Telinga mempunyai suatu batasan frekuensi bunyi yang mampu didengar, yaitu yang frekuensinya 20 Hz – 20.000 Hz. 

Bagian-Bagian Telinga 

Secara luas indera pendengaran terbagi menjadi 3 bab besar, yaitu Telinga Luar, Telinga Tengah, dan Telinga dalam. Masing – masing bab tersebut mempunyai fungsi spesifik terhadap tugasnya masing – masing. Berikut ini penjelasan untuk bab – bab indera pendengaran tersebut :

 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap

1. Telinga Luar
Telinga bab luar terdiri atas daun indera pendengaran (aurikula), kanal telingan luar (analis auditoris eksternal), dan gendang indera pendengaran (Membran Timpani) yang membatasinya dengan indera pendengaran dalam. Daun Telinga terbentuk oleh susunan tulang rawan yang mempunyai sebuah bentuk khas untuk mendukung fungsinya, yakni sebagai memusatkan gelombang bunyi yang masuk ke suatu kanal telinga.
Saluran Telinga Luar, dalam bab ini terdapat sebuah kelenjar sudorifera yakni sebuah kelenjar yang mampu menghasilkan serumen (bahan seolah-olah lilin yang dapat mengeras). Serumen ini menjaga indera pendengaran semoga tidak banyak kotoran dari luar yang masuk ke dalam, juga mampu menghindari masuknya serangga alasannya mempunyai wangi tidak sedap. Membran Timpani yaitu suatu bab yang fungsinya untuk menangkap sebuah gelombang suara. 

 2. Telinga Tengah
Telinga tengah yaitu suatu rongga yang berisi udara dan menjaga suatu tekanan udara tetap seimbang. Dinding dari bab ini dilapisi oleh suatu sel epite. Fungsi Utamanya yaitu untuk meneruskan Suara yang diterima dari Telinga Luar ke Telinga Bagian Dalam. Pada indera pendengaran bab tengah ini terdapat suatu Tuba Eustachius, yaitu suatu bab yang menghubungkan indera pendengaran dengan sebuah rongga verbal (faring). Tuba Eustachius Ini mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan sebuah tekanan udara antara indera pendengaran bab luar dengan indera pendengaran bab tengah.

Telinga bab tengah terdiri atas 3 tulang pendengaran utama yaitu Maleus(Martil), Incus(Landasan), dan Stapes(sanggurdi), Pada Tulang – Tulang ini saling bekerjasama dengan satu sama lain (dihubungkan oleh sendi) alasannya adanya sendi maka tulang – tulang ini mampu bergerak. Rangkaian 3 Tulang yang sedemikian rupa ini mempunyai fungsi untuk mengirimkan suatu getaran yang diterima dari membran timpani pada indera pendengaran luar menuju ke sebuah Jendela Oval Telinga Dalam.  Tuba Eustachius ini selalu menutup kecuali ketika menelan dan menganga. Oleh alasannya itu ketika kita berada dalam ketinggian tertentu, apabila indera pendengaran berdengung, kita dianjurkan untuk menelan, alasannya menelan mampu membuka tuba eustachius yang akan menyeimbangkan kembali tekanan udara.

 3. Telinga Dalam
Telinga Dalam terdiri atas bab tulang dan bab membran. Telinga dalam disebut juga sebagai labirin alasannya bentuknya. Labirin tulang (Labirin Osea) yaitu suatu rongga yang terbentuk pada tonjolan tulang pelipis yang berisikan sebuah cairan perilimfe. Labirin Membran terletak pada suatu bab yang sama dengan bab labirin tulang, namun tempatnya lebih dalam dan dilapisi oleh suatu sel epitel serta berisi sebuah cairan endolimfe. 
 Labirin Tulang indera pendengaran dalam terbagi menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut :
  • Koklea (Mempunyai fungsi ke pendengaran)
  • Vestibuli (Mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan)
  • Kanalis Semisirkularis (Fungsinya lebih ke menjaga keseimbangan)  

Fungsi Telinga 

1. Telinga Sebagai Pengatur Keseimbangan
Terdapat suatu struktur khusus pada suatu organ indera pendengaran yang fungsi nya untuk mengatur dan menjaga keseimbangan tubuh. Organ ini bekerjasama dengan sebuah saraf otak ke VIII yang fungsinya untuk dalam menjaga keseimbangan dan untuk mendengar.

2. Telinga Sebagai Indera Pendengaran
Telinga mempunyai fungsi sebagai indera pendengaran apabila terdapat sebuah gelombang bunyi yang masuk melalui indera pendengaran luar yang akan diterima oleh otak melalui sebuah proses terjadinya pendengaran.


Telinga yang fungsi sebagai alat indera untuk mendengar indera pendengaran juga berfungsi untuk keseimbangan badan manusia. Oleh alasannya itu indera pendengaran mempunyai peran yang sangat penting bagi manusia.

Itulah ulasan perihal Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermnafaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, dan 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel