-->

Pengertian, Fungsi, Peran, dan Ciri-Ciri Administrasi Beserta 5 Ruang Lingkup Tugasnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, Fungsi, Peran, dan Ciri-Ciri Administrasi Beserta Ruang Lingkup Tugasnya Menurut Para Ahli Terlengkap - Saat anda mendaftar kuliah, anda pasti harus membayar biaya administrasi. Dalam membayar biaya manajemen pasti anda akan membayar dibagian administrasi. Untuk lebih lengkap mengenai perihal administrasi, disini akan mengulas secara lengkap perihal apa itu administrasi. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

Ciri Administrasi Beserta Ruang Lingkup Tugasnya Menurut Para Ahli Terlengkap Pengertian, Fungsi, Peran, dan Ciri-Ciri Administrasi Beserta 5 Ruang Lingkup Tugasnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Administrasi

Administrasi ialah suatu proses acara dengan santunan aneka macam sumber untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam pengertian manajemen secara sempit ialah yang berasal dari kata administratie (bahasa. Belanda ), yang meliputi suatu acara yang menyerupai catat-mencatat, dalam pembukuan ringan, surat-menyurat , ketik-mengetik, jadwal dan lain-lain, yang sifatnya teknis ketatausahaan (clerical work). Dengan demikian tata usaha yaitu sebagian kecil acara dari Administrasi. Dengan demikian Administrasi secara sempit yaitu suatu penyusunan dan juga pencatatan data, juga info secara sistematis yang dimaksudkan untuk menyediakan suatu keterangan serta memudahkan untuk memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam suatu hubungannya satu sama lain.

Dalam pengertian manajemen secara luas yaitu berasal dari bahasa Inggris yaitu kata administration gotong royong istilah manajemen ini berkaitan dengan suatu acara kerja sama yang dilakukan insan ataupun sekelompok orang atau masyarakat sehingga tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan.

Pengertian Adminstrasi Menurut Para Ahli 

1. Soewarno Handayaningrat
Menurut Soewarno Handayaningrat menyatakan bahwa manajemen yaitu suatu acara ketatausahaan yang terdiri dari aneka macam acara menyerupai dalam pembukuan baik penghitungan, pencatatan atau yang lainnya dengan tujuan untuk menyediakan suatu info yang dibutuhkan. Sedangkan dala arti yang sempit, menurutnya manajemen yaitu suatu acara catat mencatat atau pembukuan, surat menyurat atau lainnya yang berkaitan dengan ketatausahaan.
    
2. W.H. Evans
Menurut W.H. Evans Administrasi yaitu suatu fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan pengarahan segala tahap sebuah operasi perusahaan yang berkenaan dengan pengolahan keterangan, komunikasi dan juga ingatan organisasi.
    
3. Ulbert
Menurut Ulbert menyatakan bahwa manajemen ialah istilah lain dari kata tata usaha yang dimana sebagian penyusunan dan pencatatan data serta sebuah info yang secara sistematis baik internal atau eksternal dengan suatu tujuan menyediakan suatu keterangan dan untuk memudahkan dalam mendaptkan data baik sebagian maupun secara menyeluruh.
    
4. George Terry
Menurut George Terry mengungkapkan bahwa manajemen ialah suatu proses perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan penggerakkan kepada orang-orang yang melaksanakannya untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
   
5. William Leffingwell dan Edwin Robinson
Menurut Wiliam & Edwin menyatakan bahwa Administrasi ialah salah satu cabang ilmu manajemen yang mengenai suatu pelaksanaan pekerjaan kantoran secara efesien, yang dimana dan kapan pekerjaannya harus dilaksanakan.
    
6. Arthur Grager    
Menurut Arthur Grager mengungkapkan bahwa Administrasi yaitu suatu fungsi dari tata penyelenggaraan pada komunikasi dan suatu pelayanan dalam sebuah organisasi.
    
7. Sondang Siagian
Menurut Sondang Siagian menyatakan bahwa Administrasi ialah keseluruhan rangkaian dari proses kerjasama antara beberapa orang yang didasarkan pada asas rasionalitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
    
8. The Liang Gie
Menurut The Liang Gie menyatakan bahwa Administrasi ialah suatu serangkaian acara yang dilakukan suatu kelompok yang berkenaan dengan suatu korelasi kerjasama dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

Ciri-Ciri Administrasi

  • Pada Adminstrasi yang terdiri dari 2 orang atau lebih
  • Dalam manajemen terdapat sebuah kerja sama 
  • Terdapat suatu proses atau usaha 
  • Terdapat bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan 
  • Terdapat suatu tujuan.

Ruang Lingkup Tugas Administrasi

 Ruang Lingkup peran manajemen pada kantor ini mampu dikatakan peran pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud (Gie, 2007:16) yaitu :
  • Menghimpun Yaitu suatu kegiatan-kegiatan yang mencari dan mengusahakan tersedianya semua keterangan yang tadinya belum ada atau berantakan yang ada dimana-mana yang sehingga siap untuk dipergunakan bilamana diperlukan.
  • Mencatat Yaitu suatu acara yang mebubuhkan dengan aneka macam sebuah peralatan tulis suatu keterangan-keterangan yang dibutuhkan yang sehingga berwujud suatu goresan pena yang mampu dibaca, dikirim dan disimpan
  • Mengelola Yaitu bermacam-macam suatu kagiatan yang mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang berguna.
  • Mengirim Yaitu suatu acara yang menyimpan dengan mengembangkan cara dan alat dari satu pihak kepihak lain.
  • Menyimpan yaitu :suatu  acara menaruh dengan aneka macam cara dan alat ditempat tertentu yang aman.

Fungsi Administrasi

1. Planning (Perencanaan)
Perencanaan ialah suatu rincian yang merupakan suatu organisasi yang besar didalamnya yaitu suatu penyusunan dan perumusan rencana diserahkan kepada sekelompok staf perencana, tetapi penetapannya merupakan peran dan tanggung jawab manajemen. (Daft, 2006:8)
    
2. Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian ialah suatu acara yang menyangkut sebuah tipe-tipe struktur organisasi dan suatu prinsip-prinsipnya, sejarah organisasi, gaya manajerial yang sempurna digunakan, sifat dan jenis dari aneka macam bentuk suatu acara yang harus dilaksanakan. (Daft, 2006:9).
    
3. Leading (Kepemimpinan)
Kepemimpinan yaitu sebuah fungsi manajemen yang melibatkan penggunaan pengaruh untuk memotivasi sebuah karyawan meraih sasaran dalam organisasi. (Daft, 2006:10)
    
4. Controlling (Pengendalian)
Pengendalian ialah sebuah fungsi keempat yang artinya untuk memantau aktifitas karyawan, menjaga organisasi supaya tetap berjalan ke arah pencapaian sasaran, dan membuat sebuah koreksi bila diperlukan. (Daft, 2006:11)


Peranan Administasi Secara Umum

Pada hakikatnya perkembangan aneka macam suatu cabang ilmu pengetahuan terjadi sebagai suatu balasan terhadap dinamika manusia. Pemahaman yang sempurna perihal suatu perkembangan sebuah ilmu pengetahuan dan tekhnologi dan membenarkan pendapat tersebut. Peranan utama pada sistem manajemen yaitu untuk membantu memudahkan suatu pelaksanaan peran pekerjaan pokok lainnya.

Pada dasarnya sistem manajemen memiliki peranan yang sangat penting bagi suatu perusahaan, alasannya yakni mampu membantu suatu perusahaan dalam menunjukkan sebuah data/informasi yang dibutuhkan oleh pimpinan perusahaan dan untuk memudahkan pimpinan dalam mengambil suatu keputusan dalam pelaksanaan peran selanjutnya.

administrasi mempunyai tujuan untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan akal umum, sedangkan manajemen sifatnya melakukan suatu kegitan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapian tujuan dalam batas-batas akal yang dirumuskan. 

Itulah ulasan perihal Pengertian, Fungsi, Peran, dan Ciri-Ciri Administrasi Beserta 5 Ruang Lingkup Tugasnya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diuasl diatas bermanfaat bagi pembaca sekian dan terimakasih.


Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Peran, dan Ciri-Ciri Administrasi Beserta 5 Ruang Lingkup Tugasnya Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel