-->

Pengertian, Jenis, dan 4 Ciri Inovasi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian, Jenis, dan 4 Ciri Inovasi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap - Sudahkah anda pernah membuat inovasi gres selama hidup kamu. Kalo anda sudah berarti anda orang-orang yang kreatif. Untuk lebih jauh memahami perihal inovasi. Disini akan mengulas perihal inovasi secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

 Ciri Inovasi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap Pengertian, Jenis, dan 4 Ciri Inovasi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Inovasi 

Inovasi yaitu suatu proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan menciptakan suatu hal gres yang berbeda dengan sebelumnya. Inovasi juga bisa diartikan penemuan gres dalam teknologi atau kemampuan dalam memperkenalkan sebuah temuan gres yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Orang yang melaksanakan suatu inovasi disebut dengan inovator. Inovasi harus lah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

1. Stephen Robbins
Menurut Stephen Robbins menayatakan bahwa inovasi yaitu sebagai sebuah gagasan gres yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.

2. Van de Ven, Andrew H
Menurut Van de Ven menyatakan bahwa Inovasi yaitu suatu pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan gres oleh orang yang dimana dalam jangka waktu tertentu melaksanakan suatu transaksi-transaksi dengan orang lain dalam sebuah tatanan organisasi.

3. Kuniyoshi Urabe
Menurut Kuniyoshi Urabe menyatakan bahwa Inovasi bukan merupakan suatu acara satu kali pukul (one time phenomenon),melainkan sebuah proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses dalam pengambilan keputusan di dan oleh organisasi dari mulai dalam penemuan gagasan hingga implementasinya di pasar.

4. Everett M. Rogers (1983)
Menurut Everett menyatakan bahwa M. Rogers menyatakan bahwa inovasi yaitu sebuah ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang gres oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.
 
5. Stephen Robbins (1994)
Menurut Stephen Robbins menyatakan bahwa inovasi yaitu sebagai sebuah gagasan gres yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.

 

Jenis-Jenis Inovasi

1. Jika dilihat dari kecepatan perubahan dalam proses inovasi ada dua macam inovasi yaitu :
  • Inovasi radikal , yaitu dilakukan dengan skala besar yang dilakukan oleh para hebat dibidangnya dan biasanya dikelola oleh suatu departemen penelitian dan pengembangan. Inovasi radikal ini sering kali dilakukan di suatu bidang manufaktur dan lembaga jasa keuangan.
  • Inovasi inkremental yaitu suatu proses pembiasaan dan mengimplementasikan perbaikan yang berskala kecil.
2. Jenis inovasi berdasarkan fungsi, ada dua yaitu: 
  • Inovasi teknologi bisa berupa suatu produk, pelayanan atau proses produksi dan inovasi manajemen bisa mempunyai sifat organisasional dan struktural.
  • Inovasi sosial (Brazeal & Herbert, 1997). 

 

Ciri-Ciri Inovasi

  • Mempunyai sebuah kekhasan / khusus artinya suatu inovasi mempunyai ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan pada hasil yang diharapkan.
  • Mempunyai ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus mempunyai suatu karakteristik sebagai sebuah karya dan buah aliran yang mempunyai kadar Orsinalitas dan kebaruan.
  • Pada agenda inovasi dilaksanakan melalui agenda yang terencana, dalam arti bahwa sebuah inovasi dilakukan melalui suatu proses yang yang tidak terburu-buru, namun keg-inovasi dipersiapkan dengan secara matang dengan agenda yang terperinci dan bersiklus terlebih dahulu.
  • Inovasi yang digulirkanmempunyai tujuan, agenda inovasi yang dilakukan harus mempunyai arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan taktik untuk mencapai suatu tujuan tersebut.

 

Contoh Inovasi

Pembuatan produk PC Tablet Wakamini buatan negeri, Seolah tidak ingin ketinggalan dengan gadget gres ibarat produk lain. Indonesia meluncurkan sebuah inovasi baru  membuat produk PC Tablet Wakamini. Wakamini terbukti bisa bersaing dengan suatu produk-produk dari luar. Zyrex yaitu sebagai produsen suatu peralatan komputer Indonesia yang memproduksi PC Tablet Wakamini MP 1291 series Multi Touch dan Wakatobi Mini 963 yang diklaim 100% buatan Indonesia dengan yang harga berkisar 3 juta rupiah.


Itulah ulasan perihal Pengertian, Jenis, dan 4 Ciri Inovasi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.


Baca juga :


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Jenis, dan 4 Ciri Inovasi Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel