-->

30 Pengertian Berguru Berdasarkan Para Ahli

Belajar yakni proses perjuangan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan dalam kepribadiannya yang muncul dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laris ibarat peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain. Kegiatan mencar ilmu sanggup dilakukan dimana saja dan sanggup dilakukan sendiri maupun dengan bimbingan pengajar. Berikut yakni pengertian mencar ilmu berdasarkan para ahli:

Belajar yakni proses perjuangan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan dalam kepr 30 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

1. Ahmadi A.

Belajar yakni proses perubahan dalam diri manusia.

2. James O. Whittaker

Belajar yakni suatu proses dimana sikap yang dihasilkan atau dimodifikasi melalui pembinaan atau pengalaman.

3. Ernest R. Hilgard

Belajar yakni proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian mengakibatkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.

4. Dimiyati dan Mudjoyono

Belajar yakni terjadinya perubahan mental pada diri siswa.

5. W.S. Winkel

Belajar yakni acara mental ataupun psikis yang berlangsung baik di lingkungan dengan interaksi yang aktif.

6. Hamalik

Belajar yakni perubahan tingkah laris yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman.

7. Nasution

Belajar yakni proses menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan.

8. Maskuri Abdillah

Belajar yakni suatu perjuangan sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku, baik melalui latihan atau pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.

9. Makmun Khairani

Belajar yakni suatu perjuangan atau perbuatan yang dilakukan secara sungguh-sungguh, dengan sistematis dengan mendayagunakan semua potensi yang dimiliki, baik fisik, mental, serta dana, panca indera, otak, dan anggota badan lainnya, demikian pula aspek-aspek kejiwaan ibarat intelegensi, bakat, motivasi, minat, dan sebagainya.

10. Drs. Slameto

Belajar yakni suatu proses atau perjuangan yang dilakukan oleh seseorang untuk melaksanakan suatu perubahan baik perubahan tingkah laris menjadi lebih baik lagi secara keseluruhan ataupun perubahan lain yang dilakukan. Perubahan tersebut merupakan hasil dari pengalaman seseorang dari interaksi dengan lingkungannya.

11. Lee J. Cronbach

Belajar yakni proses perubahan sikap sebagai hasil dari pengalaman.

12. Logan, dkk

Belajar yakni perubahan tingkah laris yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan latihan.

13. R. M. Gagne

Belajar yakni homogen perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi mencar ilmu dan sehabis melaksanakan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akhir adanya suatu pengalaman atau latihan, berbeda dengan perubahan serta-merta akhir refleks atau sikap yang bersifat naluriah.

14. Anita E. Woolfolk

Belajar yakni keadaan saat pengalaman mengakibatkan suatu perubahan pengetahuan dan sikap yang relatif permanen pada individu.

15. Soekidjo Notoatmodjo

Belajar yakni suatu perjuangan untuk memperoleh hal-hal gres dalam tingkah laris sanggup berupa pengetahuan, kecakapan, maupun keterampilan.

16. Moh. Surya

Belajar yakni suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan sikap gres secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

17. Howard L. Kingskey

Belajar yakni proses dimana tingkah laris ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.

18. James L. Mursell

Belajar yakni upaya yang dilakukan dengan mengalami sendiri, menjelajahi, menelusuri, dan memperoleh sendiri.

19. Syaiful Bahri Djamarah

Belajar yakni suatu kegiatan dengan melibatkan dua unsur yaitu jiwa dan raga saat melakukannya, gerak badan harus terlihat sejalan dengan proses jiwa biar sanggup mendapat dan melihat adanya perubahan. Perubahan yang didapat tidak hanya perubahan fisik maupun pada perubahan jiwa yang besar lengan berkuasa terhadap tingkah laris seseorang.

20. Doris Lessing

Belajar yakni mengerti sesuatu yang telah diketahui sepanjang hidup tetapi dengan pemahaman yang berbeda.

21. Hamalik Oemar

Belajar yakni bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang gres berkat pengalaman dan latihan.

22. Muhibbin Syah

Belajar yakni suatu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.

23. Aqib Jaenal

Belajar yakni suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laris yang gres berkat pengalaman dan latihan.

24. Lester D. Crow dan Alice Crow

Belajar yakni usaha-usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapat kebiasaan-kebiasaan gres yang lebih baik lagi, kemudian mendapat pengetahuan dan sikap gres yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

25. Harry W. Sartain

Belajar yakni proses perubahan tingkah laris yang relatif tahan usang sebagai hasil dari pengalaman.

26. Ahmad Mudzakir

Belajar yakni suatu perjuangan atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, meliputi perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sebagainya.

27. Abin Syamsudin

Belajar yakni suatu perbuatan yang menghasilkan perubahan sikap dan pribadi.

28. Douglas L. Hintzman

Belajar yakni suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, insan atau hewan, disebabkan oleh pengalaman yang sanggup mensugesti tingkah laris organisme tersebut.

29. Ngalim Purwanto

Belajar yakni perubahan yang relatif permanen dalam sikap yang terjadi sebagai hasil dari pembinaan atau pengalaman.

30. Di Vesta dan Thompson

Belajar yakni perubahan sikap yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "30 Pengertian Berguru Berdasarkan Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel