-->

Pengertian Sistem Satuan Internasional Dan Macam - Macam Satuan Standar

Pengertian Sistem Satuan Internasional Dan Macam - Macam Satuan Standar -. Satuan yaitu sesuatu yang dipakai untuk menyatakan ukuran besaran atau arti lainnya yaitu untuk membandingkan ukuran suatu besaran.


Pengertian Sistem Satuan Internasional

Satuan internasional (SI) yaitu sistem satuan yang dipakai secara internasional dan mempunyai standar yang sudah baku. Dalam fisika dikenal 2 sistem satuan internasional, yaitu MKS (Meter Kilogram Sekon) dan cgs (centimeter gram sekon). Syarat satuan ditetapkan sebagai SI yaitu; nilainya tetap, berlaku internasional, gampang ditiru dan diperbanyak, gampang diubah (dikonversi) ke satuan lain. Satuan juga dibagi menjadi Satuan baku dan Satuan tak baku. Satuan baku yaitu satuan yang dipakai secara umum, satuan baku juga disebut satuan standar. Sedangkan satuan tak baku yaitu satuan yang dipakai di kawasan setempat.


Macam - Macam Sistem Satuan Internasional


     1. Satuan Panjang

Satuan besaran panjang dalam SI dinyatakan dalam meter (m). Pada awalnya satu meter didefinisikan sama dengan panjang sepersepuluh juta 1/10000000 dari jarak kutub utara ke khatulistiwa melalui kota Paris. Kemudian dibuatlah batang meter standar berbentuk batang logam dari adonan Platina-Iridium. Satu meter diartikan sebagai jarak dua ukiran pada batang ketika bersuhu 0ºC. Meter standar ini disimpan di International Bureau of Weights and Measure di Sevres, bersahabat Paris. Jadi, para mahir menilai bahwa meter standar itu kurang teliti alasannya yaitu gampang berubah. Para mahir memutuskan lagi patokan panjang yang nilainya selalu konstan. Pada tahun 1960 ditetapkan bahwa satu meter yaitu panjang yang sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik. Definisi gres menyatakan bahwa satuan panjang SI yaitu panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu (1/299.792.458) sekon. Angka yang sangat besar atau sangat kecil oleh ilmuwan digambarkan memakai awalan dengan suatu satuan untuk menyingkat perkalian atau pembagian dari suatu satuan. 

Singkatan sistem metriksnya ibarat tabel dibawah ini:


     2. Satuan Massa

Massa yaitu banyak zat yang terkandung dalam suatu benda. Satuan untuk massa dalam Sistem Satuan  Internasional yaitu kilogram (kg). 1 kilogram standar yaitu massa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di Sevres, Prancis. Silinder platina iridium mempunyai diameter 3,9 cm dan tinggi 3,9 cm. Massa 1 kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4 °C.

Satuan massa lain yang diturunkan dan satuan massa standar ini antara lain sebagai berikut:

    1 mikrogram (µg)     = 0,000000001 kg       = 10-9 kg
    1 miligram (mg)       = 0,000001 kg            = 10-6 kg
    1 sentigram (cg)       = 0,00001 kg               = 10-5 kg
    1 desigram (dg)        = 0,0001 kg                = 10-4 kg
    1 gram (gr)               = 0,001 kg                   = 10-3 kg
    1 dekagram (dag)     = 0,01 kg                     = 10-2 kg
    1 hektogram (hg)     = 0,1 kg                       = 10-1 kg
    1 kuintal (kw)          = 100 kg                      = 102 kg
    1 ton = 1.000 kg       = 103 kg

     3. Satuan Waktu

Besaran waktu dinyatakan dalam Satuan Internasional yaitu sekon (detik). Pada awalnya satuan waktu dinyatakan atas dasar waktu rotasi bumi pada porosnya, yaitu 1 hari. Satu detik didefinisikan sebagai 1/26400 kali satu hari rata-rata. Satu hari rata-rata sama dengan 24 jam = 24 x 60 x 60 = 86400 detik. Karena satu hari matahari tidak selalu tetap dari waktu ke waktu, maka pada tahun 1956 para mahir memutuskan definisi baru. Satu detik yaitu selang waktu yang diharapkan oleh atom cesium-133 untuk melaksanakan getaran sebanyak 9192631770 kali. Alat untuk menghasilkan 1 detik standar yaitu jam atom cesium.

      4. Satuan Suhu

Suhu merupakan besaran yang menyatakan derajat panas atau cuek suatu benda. Untuk mengukur derajat panas, dipakai termometer. Termometer yang kita kenal yaitu termometer Celcius, Fahrenheit, dan Reamur. Di kalangan ilmuwan dipakai skala Kelvin untuk memilih derajat panas suatu zat. Saat benda dipanaskan atau didinginkan akan terjadi perubahan sifat, ibarat panjang logam, volume zat cair, dan volume gas. Satuan standar suhu yaitu kelvin (K), yang didefinisikan sebagai satuan suhu mutlak dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273,16 dari suhu titik tripel air. Titik tripel menyatakan temperatur dan tekanan dikala terdapat keseimbangan antara uap, cair, dan padat suatu bahan. Titik tripel air yaitu 273,16 K dan 611,2 Pa.


Itulah ulasan wacana Pengertian Pengertian Sistem Satuan Internasional Dan Macam - Macam Satuan Standar -. Semoga apa yang diulas diatas sanggup bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Sistem Satuan Internasional Dan Macam - Macam Satuan Standar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel