-->

10 Penemuan Teknologi Bangsa Cina Kuno

Bangsa Cina kuno selain populer akan kebudayaannya, juga mempunyai penemuan-penemuan yang spektakuler. Beberapa penuman mereka bahkan masih dipergunakan oleh insan sampai masa kini. Berikut ini ialah beberapa inovasi bangsa Cina kuno yang masih dimanfaatkan oleh insan sampai sekarang.
1.Uang Kertas


Uang kertas pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Cina kuno kira-kita pada tahun 800 SM. Sebelum masa itu, insan memakai logam mulia, kerikil bahkan kulit kerang sebagai alat tukar. Kini uang kertas telah dipergunakan di seluruh negara di dunia.
2.Pengaturan Tanaman


Tanaman pertama kali ditanam dalam bentuk alur pada kurun keenam sebelum masehi. penyusunan ini memungkinkan flora untuk tumbuh lebih cepat dan lebih besar. Tanaman yang disusun membentuk garis lurus juga lebih tahan terhadap terpaan angin.
3.Teknik "deep drilling"


Teknik "deep drilling" untuk menambang gas, pertam kali diperkenalkan pada tahun 100 sebelum masehi. Alat pengebor gas yang dipergunakan kala itu terbilang mempunyai ukuran yang luar biasa. Teknik ini bahkan masih dipergunakan sampai kini misalnya, di Amerika.
4.Kembang api



Kembang api pertama kali dipergunakan oleh bangsa Cina kuno sebagai hiburan. Namun kemudia, kembang api dimodifikasi untuk kepentingan militer. ledakan kembang api kala itu, dimanfaatkan untuk menurunkan keberanian tentara musuh.


5.Bubuk Mesiu


Bubuk mesiu pada awalnya tidak diciptakan untuk keperluan militer melainkan, sebagai ramuan awet muda yang dipercaya sanggup menciptakan insan hidup abadi. Namun, sesudah bangsa Cina kuno menyadari bahwa abu mesiu sanggup meledak, mesiupun mulai digunakan ketika perang. Penggunaan mesiu menciptakan perang menjadi tidak terlalu mengerikan. Tahun inovasi mesiu tidak dapa ditentukan secara niscaya namun, para jago berasumsi bahwa mesiu ditemukan bersamaan dengan ditemukannya kembang api.

6.Alat penyembur api


Alat penyembur api pertama kali diciptakan pada babd kesepuluh sebelum masehi. Alat ini banyak dimanfaatkan sampai ketika ini misalnya, untuk melelehkan metal, atau mengelupas lapisan cat kendaraan beroda empat yang sudah kusam.
7.Parasut


Parasut digunakan oleh bangsa Cina kuno semenjak kurun kedua sebelum masehi. Alat ini kini telah dipergunakan untuk banyak sekali keperluan misalnya, untuk olah raga, hiburan dan untuk kepentingan militer.
8.Sirip Kemudi


Sirip kemudi mempunyai kegunaan untuk mengendalikan arah kapal. sebelum diciptakannya sirip kemudi, arah kapal hanya sanggup dikendalikan dengan memakai dayung. Penggunaan dayung tentu saja membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu. Sirip kemudi kini bahkan dipergunakan untuk mengendalikan arah pesawat terbang.
9.Gerobak dorong



Gerobak dorong pertama kali diciptakan pada kurun pertama sebelum masehi. Alat ini sanggup membantu insan untuk mengangkut benda-benda berat misalnya, materi bangunan atau makanan. Penggunaan alat ini memungkinkan bangsa Cina kuno untuk melakukan pembangunan dengan lebih cepat.
10.Kompas


Kompas ialah ciptaan bangsa cina yang paling banyak digunakan sampai ketika ini. Alat penunjuk arah ini digunakan pada kapal, pesawat terbang, kendaraan darat bahkan pejalan kaki dan para pencinta alam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Penemuan Teknologi Bangsa Cina Kuno"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel