-->

Bangun Ruang : Kubus,Balok, Prisma Segitiga, Limas, Tabung, Kerucut Bola

Bangun Ruang : Kubus,Balok, Prisma Segitiga, Limas, Tabung, Kerucut Bola - Salah satu bahan Geometri yang dibahas pada Matematika SD dan Matematika Sekolah Menengah Pertama yaitu Bangun Ruang. Bangun ruang merupakan sebutan untuk bangun-bangun tiga dimensi atau berdiri yang mempunyai ruang dan dibatasi oleh sisi-sisi yang berbenruk berdiri datar. Bangun ruang yang awal dikenal antara lain kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, limas dan bola yang dijelaskan masing-masing di bawah ini.

1. Kubus

Kubus merupakan salah satu berdiri ruang yang mempunyai ciri khusus yaitu semua rusuknya yang sama panjang. Selain itu kubus merupakan berdiri ruang yang dibatasi oleh enam buah sisi yang sama persis (sama dan sebangun.

Kunjungi contoh soal kubus untuk melihat rumus dan pola soalnya

2. Balok

Balok merupakan berdiri ruang tiga dimensi yang terbentuk oleh enam buah persegi panjang yang saling tegak lurus. Contoh berdiri ruang balok sering kita dapati dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu lemari es dan lemari pakaian.


3. Prisma segitiga

Prisma merupakan berdiri ruang tiga dimensi yang mempunyai ganjal dan atap yang berbentuk segitiga dengan ukuran yang sama.


4. Limas

Limas merupakan sebuah berdiri ruang yang mempunyai ganjal segi n dan sisi tegaknya juga berupa segitiga.


5. Tabung

Tabung merupakan berdiri ruang yang dibatasi sisi lengkung dan dua buah bundar atau Tabung merupakan sebuah berdiri ruang tiga dimensi yang mempunyai tutup dan ganjal yang berbentuk bundar dengan ukuran yang sama dab bab selimutnya berbentuk persegi panjang.


6. Kerucut

Kerucut merupakan sebuah berdiri ruang yang mempunyai ganjal berbentuk bundar dan dengan selimut yang berbentuk irisan dari lingkaran. Untuk lebih lengkapnya baca di Rumus Kerucut.


7. Bola

Bola merupakan sebuah berdiri ruang tiga dimensi di mana permukaannya mempunyai jarak yang sama terhadap titik pusatnya. Bola merupakan berdiri ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung.

Demikian artikel wacana Bangun Ruang : Kubus,Balok, Prisma Segitiga, Limas, Tabung, Kerucut Bola. Semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan dan jangan lupa dibagikan kepada orang lain yang juga membutuhkan artikel ini. Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bangun Ruang : Kubus,Balok, Prisma Segitiga, Limas, Tabung, Kerucut Bola"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel