-->

Evaluasi Pembelajaran Matematika : Pengertian, Fungsi Dan Tujuan

Evaluasi Pembelajaran Matematika : Pengertian, Fungsi dan Tujuan – Evaluasi berasal dari kata evaluation yang berarti suatu proses yang sistematik dan sinambung, untuk mengetahui hingga sejauhmana efisiensi aktivitas berguru mengajar yang dilaksanakan dan efektifitas pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Evaluasi sanggup diartikan sebagai penentuan kesesuaian antara tampilan dengan tujuan-tujuan. Hal yang dievaluasi ialah karakteristik-karakteristik dari siswa dengan memakai suatu tolak ukur tertentu. Karakteristik-karakteristik tersebut ialah tampilan siswa dalam bidang kognitif (pengetahuan, inteektual, akal), afektif (sikap, minat, motivasi, emosional), dan psikomotorik (keterampilan, gerak, tindakan). Tampilan tersebut sanggup dievaluasi melalui lisan, tertulis, maupun perbuatan.

Pelaksanaan Evaluasi mempunyai banyak fungsi baik sebagai alat seleksi, alat pengukur keberhasilan, sebagai alat penempatan dan juga sebagai alat diagnostik. Berikut ini dijelaskan beberapa fungsi penilaian ibarat yang telah disebutkan di atas.

Sebagai alat seleksi, Evaluasi sanggup digunakan untuk melaksanakan seleksi dalam penerimaan siswa gres dari suatu sekolah. Dengan penilaian sanggup ditentukan sejumlah siswa tertentu yang memenuhi syarat sebagai calon siswa yang akan diterima. Sebagai alat pengukur keberhasilan, Evaluasi sanggup digunakan untuk mengukur seberapa jauh tujuan sanggup dicapai sehabis aktivitas berguru mengajar dilaksanakan. Selain itu melalui penilaian sanggup dilihat pula hingga sejauh mana seorang guru telah berhasil dalam menerapkan metode dan pendekatan, penguasaan materi, serta kebaikan dan kelemahan kurikulum yang dipakai. Sebagai alat penempatan, Evaluasi sanggup digunakan untuk mengetahui dengan baik termasuk kelompok mana seorang siswa harus ditempatkan. Sekelompok siswa yang mempunyai hasil penilaian yang sama ditempatkan pada kelompok yang sama pula. Penempatan yang cocok dengan kondisi masing-masing siswa lebih memungkinkan untuk sanggup menyebarkan talenta dan kemampuannya secara optimal, sehingga hasil belajarnya pun akan mencapai tujuan dengan baik. Sebagai alat diagnostik, Evaluasi sanggup digunakan untuk mendiagnosa kesulitan berguru siswa, yaitu mengetahui letak kelemahan dan kebaikan siswa dalam penguasaan setiap konsep matematika yang telah diajarkan. Hasil ini sanggup digunakan untuk memperlihatkan penyembuhan yang sempurna sesuai dengan jenis dan tingkat kesulitannya dalam bentuk pengajaran remedial.

Sesuai dengan fungsi penilaian yang dipaparkan di atas, penilaian mempunyai beberapa tujuan dalam fungsinya sebagai alat seleksi, pengukur keberhasilan, alat penempatan. Dalam fungsi penilaian sebagai alat seleksi terkandung didalamnya tujuan evaluasi, yaitu untuk mendapat calon siswa pilihan yang cocok dengan suatu jurusan dan jenjang pendidikan tertentu. Dalam fungsi penilaian sebagai alat pengukur keberhasilan dan diagnostik terkandung didalamnya tujuan evaluasi, yaitu untuk mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai dalam proses pendidikan yang telah dilaksanakan. Apabila hasil yang dicapai belum sesuai dengan yang diharapkan, perlu dicari faktor penyebab yang menghambat tersebut. Selanjutnya sanggup dicari jalan untuk mengatasinya. Dalam fungsi penilaian sebagai alat penempatan terkandung didalamnya tujuan evaluasi, yaitu untuk memilih pendidikan lanjutan siswa biar sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya.

Demikian pemaparan singkat mengenai pengertian fungsi dan tujuan Evaluasi Pembelajaran.Semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Evaluasi Pembelajaran Matematika : Pengertian, Fungsi Dan Tujuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel