-->

Pola Makan Untuk Meningkatkan Kinerja Otak


Makanan ialah sumber nutrisi bagi tubuh, termasuk bagi otak manusia. Karena itu tidak heran jikalau makan yang kita konsumsi amat besar lengan berkuasa kepada kemampuan otak kita. Pengaruh nutrisi masakan tidak sanggup dirasakan secara seketika tetapi harus dikonsumsi secara teratur baik untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Berikut ini ialah beberapa jenis masakan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kinerja otak manusia.


Makan Pagi
Makanan yang kita konsumsi pada pagi hari ialah masakan paling penting bagi badan kita. Makanan-makanan ini ialah sumber nutrisi pertama yang masuk ke badan kita, dan akan mensugesti kinerja organ-organ badan sepanjang hari. Pada makan pagi disarankan untuk mengkonsumsi, masakan yang rendah lemak contohnya buah-buahan. Berdasarkan penelitian, buah-buahan terbukti bisa meningkatkan kesigapan otak dalam berfikir. Selain kaya akan vitamin, buah-buahan juga merupakan sumber antioksidan yang sanggup memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Namun harus diingat, bagi penderita maag hindari buah-buahan yang asam seperti, jeruk.

Kopi dan teh ialah minuman yang amat baik pada dikala sarapan. Kafeine yang terdapat pada kedua minuman ini sanggup meningkatkan konsentrasi berfikir, reaksi dan ketajaman otak. Kopi dan teh juga merupakan sumber antioksidan yang menunjang kekebalan tubuh. Berdasarkan sebuah riset yang dilaksanakan pada tahun 2002, kopi bahkan terbukti sanggup menangkal penyakit Alzheimer dan kemunduran mental akhir penuaan.
Hindari masakan yang tinggi lemak dan kolesterol misalnya, daging, sosis, dan telur. Selain sulit dicerna, makanan-makanan ini sanggup menghambat anutan darah ke otak.

Makan Siang
Saat makan siang disarankan untuk mengkonsumsi masakan yang kaya protein misalnya, ikan. Selain kaya akan protein, ikan juga mengandung asam amino tyrosine. Menurut para ahli, asam amino sanggup memacu munculnya dopamine dan norepinephrine. Selain menjaga kinerja otak di siang hari, aktifnya dopamine juga sanggup menghindarkan kita dari serangan penyakit parkinson.

Kacang-kacangan menyerupai kedelai, juga merupakan sumber protein yang amat baik dikonsumsi. Selain mengandung protein, kacang-kacangan juga lebih rendah lemak dibandingkan daging, sanggup menurunkan kolesterol, dan kaya akan zat besi, mangan, fosfor dan zinc. Kedelai bahkan sanggup mencegah timbulnya penyakit osteoporosis pada wanita.

Hindarkan makan nasi, mie, roti dan masakan yang bagus pada siang hari. Makanan-makanan ini mengandung banyak gula yang sanggup menurunkan respon otak insan sehingga menciptakan kita mengantuk.

Makan Malam
Pada dikala makan malam dianjurkan untuk mengkonsumsi masakan yang kaya karbohidrat seperti, kentang, mie cereal, oat, dan nasi. Karbohidrat dalam masakan akan bermetamorfosis serotonin yang akan menciptakan otak menjadi lebih rileks. Otak yang rileks akan menciptakan tidur kita lebih nyenyak sehingga badan akan lebih segar esok hari.

Oat ialah pilihan yang terbaik untuk makan malam. Selain mengandung karbohidrat, masakan ini juga bisa menekan kadar kolesterol dan kaya akan serat yang membantu pencernaan.

Hindari masakan yang tinggi protein pada malam hari. Hindari juga minum minuman berenergi atau komplemen otak pada malam hari. Minuman berenergi pada umumnya mengandung kafein yang justru menciptakan otak kita sulit untuk beristirahat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pola Makan Untuk Meningkatkan Kinerja Otak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel