-->

Perlawanan Trunojoyo Melawan Voc

Trunojoyo ialah Adipati Madura yang tidak menyukai kepemimpinan Sunan Amangkurat I yang memihak Belanda. Oleh alasannya ialah ketidakpuasannya itu, Trunojoyo mengadakan pemberontakan yang dimulai dari Madura, terus ke Jawa Timur sampai ke kawasan sekitar Jawa Tengah. Karena begitu dahsyatnya serangan Pasukan Trunojoyo, karenanya Keraton Mataram berhasil diduduki dan Sunan Amangkurat I bersama putra mahkota melarikan diri. Oleh Trunojoyo semua harta dan barang pusaka keraton diangkut ke Kediri sebagai sentra perlawanan Trunojoyo.

Pelarian Sunan Amangkurat I bersama putranya mempunyai tujuan mencari kontribusi VOC. Namun, dalam perjalanannya menuju Batavia, Sunan Amangkurat I meninggal dunia di Tegal Arum pada tahun 1677. Kemudian, beliau diganti oleh putranya yang bergelar Sunan Amangkurat II. Dengan demikian, semenjak tahun 1677 Kesultanan Mataram diperintah oleh Sunan Amangkurat II. Segera mengadakan perjanjian dengan VOC mau menolong memadamkan pemberontakan Trunojoyo. Isi perjanjian itu ibarat berikut.
    Trunojoyo ialah Adipati Madura yang tidak menyukai kepemimpinan Sunan Amangkurat I yang m Perlawanan Trunojoyo Melawan VOC
    Trunojoyo
  1. VOC bebas berdagang di mataram, dan bebas dari kewajiban membayar pajak pelabuhan.
  2. Karawang dan sebagian kawasan Priangan yang berada di bawah kekuasaan Mataram diserahkan kepada VOC. Adapun yang menjadi batas wilayah Mataram dangan VOC ialah Sungai Cimanuk.
  3. Daerah Semarang dan sekitarnya diserahkan kepada VOC.
  4. Semua kawasan pantai utara Jawa diserahkan kepada VO selama Sunan Amangkurat II belum melunasi biaya perang. 
Atas kontribusi VOC, karenanya Sunan Amangkurat II berhasil memadamkan pemberontakan Trunojoyo tahun 1680. Setelah ibu kota Mataram dipindahkan dari Plered ke Kartasura.

Sumber : IPS Terpadu - Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perlawanan Trunojoyo Melawan Voc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel