-->

Komponen Biotik Secara Lengkap


NGELMU. Komponen Biotik Secara Lengkap-. Makhluk hidup yang ada di sekitar kita dan sangat beraneka ragam itu disebut sebagai komponen biotik. Lalu, apa yang dimaksud dengan komponen biotik? dan apa saja yang termasuk ke dalam komponen biotik? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Pengertian Komponen Biotik

Komponen biotik ialah komponen yang mencakup semua makhluk hidup, menyerupai manusia, hewan, flora dan mikroorganisme. Pada pokoknya makhluk hidup sanggup digolongkan menurut jenis-jenis tertentu, contohnya golongan manusia, binatang dan tumbuhan. Makhluk hidup menurut ukurannya digolongkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Manusia merupakan faktor biotik yang memiliki imbas terkuat di bumi ini, baik dalam imbas memusnahkan dan melipatkan atau mempercepat penyebaran binatang dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup hanya sanggup hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang cocok atau biasa disebut dengan habitat.
Berdasarkan peranannya, komponen biotik sanggup dikelompokkan menjadi tiga yaitu, produsen (penghasil), konsumen (pemakai) dan dekomposer (pengurai).


1. Produsen (Penghasil)

Produsen (penghasil) dalam pengertian biologi ialah makhluk hidup yang bisa menghasilkan makanannya sendiri. Atau makhluk hidup yang bisa menghasilkan materi organik dari materi anorganik melalui proses fotosintesis. Contoh : tumbuhan.


2. Konsumen (Pemakai)

Konsumen (pemakai) ialah makhluk hidup yang tidak bisa menciptakan materi organik dari materi anorganik. Oleh alasannya ialah itu, makanannya bergantung pada organisme lain. Organisme ini disebut juga organisme heterotrof. Komponen yang tergolong heterotrof adalah: manusia, hewan, jamur, dan mikroba. Organisme konsumen dibedakan menurut atas jenis makanannya menjadi golongan herbivor (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan omnivora (pemakan segala). Berdasarkan tingkatannya, konsumen dibagi menjadi:
  1. Konsumen primer, yaitu pemakan eksklusif produsen. Contohnya ialah semua bangsa herbivora serta omnivora menyerupai : sapi, kambing, ulat, tikus dan lain sebagainya. 
  2. Konsumen sekunder, yaitu pemakan konsumen primer. Contohnya ialah sebagian karnivora dan omnivora menyerupai : ayam, katak, ular, trenggiling, harimau, cheetah dan lain sebagainya. 
  3. Konsumen tersier, yaitu pemakan konsumen sekunder. Contohnya ialah sebagian karnivora dan omnivora menyerupai : hiu, gurita, elang dan lain sebagainya.

3. Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer (pengurai) ialah makhluk hidup yang menguraikan zat yang terdapat di dalam makhluk mati. Adanya perombak ini memungkinkan zat-zat organik terurai dan mengalami daur ulang kembali menjadi hara. Yang termasuk kelompok perombak ialah basil dan jamur.
  1. Detrivora ialah organisme yang memakan partikel-partikel organik (detritus). Detritus merupakan hancuran jaringan binatang atau flora yang melapuk. Yang termasuk golongan ini ialah cacing tanah, siput, lipan, keluwing, dan teripang

Itulah ulasan mengenai Komponen Biotik Secara Lengkap-. Semoga apa yang telah diulas sanggup bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih. 



Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komponen Biotik Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel