-->

Pengertian, Faktor Dan Efek Serta Cara Pengendalian Populasi Penduduk Secara Lengkap

Pengertian, Faktor Dan Dampak Serta Cara Pengendalian Populasi Penduduk Secara Lengkap-. Pertambahan penduduk yang terus menerus akan menimbulkan beban jikalau tidak diimbangi dengan penduduk yang berkualitas. Pertambahan jumlah penduduk sering dihubungkan dengan banyak sekali duduk kasus pemenuhan kebutuhan menyerupai khususnya kebutuhan primer. Pengaruh pertumbuhan penduduk yang begitu cepat dan tidak terkendali juga secara pribadi sanggup dirasakan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian berikut ini.


Pengertian Populasi Penduduk

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Populasi berarti sekumpulan orang, benda dan hal yang menjadi sumber pengambilan sampel dengan syarat tertentu yang berkaitan dengan duduk kasus penelitian atau sanggup diartikan sebagai sekumpulan individu yang tinggal atau hidup pada suatu kawasan tertentu. Sedangkan Penduduk diartikan sebagai orang-orang yang mendiami suatu tempat, kawasan atau negeri, dan sanggup disebut sebagai aset pembangunan atau sumber daya insan (SDM). Jadi, yang dimaksut dengan populasi penduduk ialah sekumpulan orang - orang atau individu yang bertempat tinggal disuatu wilayah tertentu.  Jumlah populasi penduduk mustahil akan selalu tetap tetapi akan berubah seiring berjalannya waktu. Kepadatan populasi penduduk sanggup dihitung dengan jumlah populasi penduduk (manusia) dibagi luas wilayah yang ditempati.


Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Populasi Penduduk

Faktor-faktor yang sanggup mempengaruhi kepadatan populasi penduduk yaitu :

1. Kelahiran (Natalis)
Kelahiran ialah faktor utama yang mengakibatkan pertumbuhan penduduk. Dengan bertambahnya angka kelahiran didunia akan mengakibatkan kepadatan penduduk yang tidak terkendali. Banyak negara - negara kecil didunia yang mempunyai jumlah penduduk yang sangat besar.

Faktor-faktor yang mempengaruhi angka kelahiran ialah menyerupai :
  1. Kawin pada usia muda.
  2. Tidak di adakannya jadwal KB pada suatu daerah.
  3. Pandangan yang menyatakan bahwa banyak anak, banyak rezeki.
  4. Anak merupakan penentu status sosial.
  5. Anak pria merupakan penerus keturunan.
2. Migrasi Penduduk
Migrasi ialah perpindahan penduduk dari suatu kawasan ke kawasan lain. Selain migrasi dikenal pula istilah lain wacana dinamika penduduk yaitu mobilitas. Mobilitas mempunyai pengertian yang lebih luas dibanding migrasi alasannya ialah mobilitas meliputi perpindahan wilayah secara permanen (migrasi) maupun nonpermanen (sementara).

Faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan penduduk ialah menyerupai :
  1. Ingin mengubah nasib hidup dengan pindah ke kota.
  2. Banyaknya lapangan kerja di kota.
  3. Ingin mendapat pendidikan yang memadai.
  4. Keadaan ekonomi yang sulit dan rendahnya pendapatan di kawasan asal.
  5. Keadaan sosial budaya di kawasan asal.
  6. Ada pendapat bahwa acara hidup dikota besar lebih menarik alasannya ialah banyak sarana kemudahan yang tersedia.

Masalah Yang Ditimbulkan Akibat Kepadatan Populasi

1. Keamanan
Jumlah  penduduk yang begitu besar menimbulkan terjadinya persaingan dalam mencari pekerjaan dan terbatasnya jumlah lapangan pekerjaan dibandingkan jumlah peminat menimbulkan banyak pengangguran, banyaknya pengangguran ini akan menimbulkan kesejahteraan menurun dan timbulnya banyak sekali macam bentuk kejahatan.

2. Kemiskian
Kemiskinan ialah suatu keadaan dimana tidak mampunya seseorang untuk memenuhi kebutuhan materil dasar menurut standar tertentu menyerupai pengeluaran atas kebutuhan pokok yang meliputi sandang, pangan, papan secara layak.

3. Berkurangnya Ketersediaan Lahan
Meningkatnya jumlah penduduk mengakibatkan tingkat kepadatan semakin tinggi sehingga sanggup menimbulkan tanah pertanian semakin berkurang lantaran dipakai sebagai pemukiman penduduk.

4. Pengangguran
Rendahnya tingkat kesehatan dan tingginya angka kekurangan gizi dimasyarakat, secara umum sanggup berdampak pada rendah nya daya pikir dan kemampuan kerja penduduk. Selain itu penyebab tingginya angka pengangguran ialah rendahnya kualitas pendidikan dan tingginya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan yang memadai.

5. Kekurangan Makanan
Manusia sebagai makhluk hidup membutuhkan makanan. Dengan bertambahnya jumlah populasi insan atau penduduk, maka jumlah kebutuhan masakan juga semakin banyak.

6. Terbatas ruang gerak
Di kawasan kepadatan penduduk yang tinggi, umumnya rumah-rumah penduduk saling berdekatan atau berhimpitan. Keadaan ini mengakibatkan terbatasnya ruang gerak.

7. Kerusakan lingkungan
Meningkatnya jumlah penduduk akan diiringi pula dengan penggunaan sumber daya alam hayati yang meningkat. Adanya pembukaan hutan secara liar untuk di jadikan sebagai tanah pertanian atau mencari hasil hutan sebagai mata pencaharian penduduk akan merusak ekosistem hutan secara utuh.

8. Pencemaran lingkungan
Seperti didaerah kota - kota besar, jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat menimbulkan gas sisa pembekaran kendaraan bermotor tersebut menimbulkan pencemaran udara. Dan juga dengan semakin bertambahnya populasi manusia, maka banyak sekali kebutuhan  insan juga semakin tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan insan itu, banyak sekali industri di berdiri dan muncul lah permasalahan menyerupai limbah hasil industri yang mengandung racun mengakibatkan pencemaran lingkungan.



Cara Pengendalian Populasi Penduduk 

  1. Meningkatkan taraf pendidikan dan pelayanan kesehatan 
  2. Melaksanakan jadwal Keluarga Berencana (KB) 
  3. Menunda masa perkawinan biar sanggup mengurangi jumlah angka kelahiran dengan menetapkan batas usia menikah 
  4. Menciptakan lapangan kerja 
  5. Mengurangi kepadatan penduduk dengan jadwal transmigrasi 
  6. Meningkatkan produksi dan pencarian sumber makanan


Banyak hal yang timbul akhir Populasi penduduk, untuk itu marilah kita bersama - sama untuk mengurangi angka kepadatan penduduk yang semakin bertambah. Itulah ulasan mengenai Pengertian, Faktor Dan Dampak Serta Cara Pengendalian Populasi Penduduk Secara Lengkap-. Semoga apa yang diulas sanggup bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terima kasih.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Faktor Dan Efek Serta Cara Pengendalian Populasi Penduduk Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel